Kamis, 26 Februari 2015

di(KERJA)in PT. MANDIRI CIPTA HARMONI (MACHO)



Segera mendapat pekerjaan dan memiliki penghasilan sendiri adalah dambaan setiap job seeker, termasuk juga dengan gua dan inilah pengalaman gua ketika di(kerja)in di PT. CIPTA HARMONI (MACHO).

Gua memperoleh informasi tentang perusahaan ini ketika gua melihat² lowongan yang terpampang di papan informasi di kantor pos pusat. Perhatian gua berhenti ketika melihat lowongan ini. Job yang ditawarkan sesuai dengan apa yang gua cari, selain itu semua syarat bisa gua penuhi.

Gua hanya 1½ hari bergabung dengan perusahaan ini. Dimulai dari tanggal 24 sampai 25 Februari 2015. Gua melamar posisi sebagai Administrasi tapi gua gag bisa langsung merasakan posisi tersebut. Kenapa? It's just a simple answer, posisi itu memang tidak pernah ada. Gua malah diarahkan untuk masuk di Management Trainee (MT). Rasa penasaran adalah alasan kenapa gua masih tetap bersedia untuk bergabung dengan perusahan ini, dan rasa penasaran ini mulai terkuak sedikit demi sedikit. Perusahaan ini berorientasi untuk menciptakan manager² muda baru yang ujung²nya pasti menjadi manager marketing. Dari 8 orang pelamar yang datang hari itu, gua yakin semua memiliki tujuan yang sama yakni ingin menempati posisi yang mereka minati tentunya seperti Admin, Gudang, SPV, dll. Tapi gua yakin seyakin  air laut itu memang asin bahwa posisi² tersebut tidaklah pernah ada.

Persepsi awal gua tentang perusahaan ini sebenarnya cukup positif. Gua yakin jika semua perusahaan menerapkan sistem yang dijalankan PT. MACHO ini, sistem marketing perusahaan pasti akan sangat fantastis. Namun ya itu, sangat disayangkan, betapapun baiknya sistem perusahaan jika kejujuran tidaklah ada itu sama saja dengan omong kosong. Semua orang diiming-imingi dengan posisi dan gaji tinggi, but trust me impian itu tidak akan pernah terwujud. Kebohongan yang budak² (gua lebih suka menyebutkan istilah "karyawan" dengan sebutan "budak") antara lain :
  • Ketika gua menanyakan kenapa harus observasi kelapangan padahal posisi yang gua lamar sebagai Admin. Entah apa hubungannya. Consultant gua cuman menjawab jika semua posisi memang harus merasakan dulu yang namanya observasi lapangan. Fine, untuk penjelasan awal gua terima semua jawaban itu. Sesampai dilapangan, tidak jauh panggang dari api. Ini memang sales! Kami semua  door to door mulai dari sekolahan sampai ke pasar² menawarkan produk sandal refleksiologi BlueID. Modus awal adalah dengan mengaku-ngaku sebagai mahasiswa PKL dari POLTEKES yang mendapat amanat (cie lagaknya sok banget ngaku² mahasiswa) dari Rumah Sakit pusat untuk mensosialisasikan alat kesehatan. Tidak luput juga dengan menjelaskan bahwa akan diadakan seminar tanggal sekian di RS tertentu, padahal semua itu hanya omong kosong (lagi). Gua yang hanya menjadi pemerhati kala itu cuman bisa memandang dengan ekpresi datar, padahal pikiran gua ngakak abis. That's was so funny man when see them offering that fucking product.
  • Gratis! Ya itu adalah senjata andalan. Budak² itu mengaku jika alat ini adalah gratis. Bahkan parahnya, budak² itu mengatakan kalau alat kesehatan ini adalah subsidi dari pemerintah sehingga bisa gratis. Fuck banget gag tuh.
  • Halalkan segala kata. Gua rasa itu adalah motto budak² itu.
  • Semua budak diwajibkan untuk datang mulai dari jam tujuh pagi sampai jam lima sore. Sebenarnya mereka nyari karyawan manusia apa robot? Hahaha...gag peduli mau tanggal merah kek, mau ada tsunami kek, yang penting para budak itu tetap harus bekerja agar target perusahaan bisa bisa tercapai.
  • Para budak itu sangat handal dalam hal pendekatan terhadap anak² baru. Cara bicara mereka, cara mereka mengambil hati para anak baru sungguh sangat manis. Untuk yang satu ini gua acungin jempol, setidaknya gua bisa dapat trik² dalam hal PDKT. Siapa tahu trik² itu manjur kalau gua mau nembak cewek nantinya. Hahahaha....
Jreng...jreng....jadi inilah kesimpulannya :

PT.MACHO akan selalu memasang iklan lowongan kerja ini dengan berbagai macam posisi (yang sebenarnya tidak pernah ada) yang sangat menggiurkan (awas iler lo keluar tuh). Satu-satunya posisi yang ada hanyalah Management Trainee (MT).

Tulisan gua ini bukan bermaksud untuk mencemarkan nama tertentu (padahal memang sudah tercemar) Gua cuman sharing atas apa yang sudah gua alami dengan PT. MACHO ini. Gua cuman gag mau adalagi yang masuk jebakan betmen menjadi Sales produk kesehatan yang gag jelas (segag jelas hubungan percintaan gua, apa sih) apa dan bagaimanya itu, tapi kalau lo, lo, dan lo pada masih mau mencoba dan merasa cocok dengan perusahaan itu silahkan dicoba. Gua gag berniat menutup pintu rezki atau apapun itu. Buat gua pribadi, gag deh sama perusahaan absurb kayak gini. Hahaha... Gua menceritakan hal ini, semata-mata hanya ingin berbagi pengalaman saja. Sekian dulu, salam worka holic.


Padang, Sumatera Barat


***

290 komentar:

  1. udah berapa hari kerja disitu bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuman 1 ½ hari doang. Itupun gah kerja namanya, cuman training :)

      Hapus
    2. Yg di katakan admin itu beneran kx? Fuck but Macho yg udh ajarin kita bohong, semoga kedepannya kantor2 macho lainmya sgera bngkrut. .amin

      Hapus
    3. Numpang share pengalaman mas/mbak.
      Yg dikatakan admin seluruhnya adalah BENAR. dan saya menjadi salah satu korbannya. Awalnya perusahaan ini di info loker mengatasnamakan diri sebagai PT. Maha Grup, dan yg kalau disearching di google itu adalah perusahaan distributor gas elpiji, AMDK. Well sampek disini aku percaya. Akhirnya aku naruh lamaran disitu sebagai admin (menurut info loker yg dibutuhkan itu Supervisor, admin, staf gudang, dll) , eh langsung besoknya suruh interview, siapa yg ga seneng coba. Besoknya aku dateng niat untuk interview dengan berpakaian rapi dan sepatu fantofel hak lumayan tinggi dan dengan PD aku datang. HRD menjelaskan bahwa hari itu tes ada 3 tahap yakni tes kepribadian, tes tulis, dan interview, dan langsung diumumkan diterima gaknya. But yg aku bingung, tes kepribadian ini dilakukan di lapangan, mulai bingung ga tuh. Tapi aku masih berpikir positif. hrd menjalankan bahwa tes kepribadian diadakan mulai jam 10 hingga jam 4 sore. What?!! Aku ikuti aja alurnya dan benar saja dugaanku, SALES, itu lah yg terjadi sebenarnya.
      Di lapangan kita disuruh merhatikan apa yg dilakukan tentor. Door to door ngetuk2 rumah kayak orang, pasang wajah dan perkataab sok ramah tapi bikin enek, modusnya sama bilang bakal ada seminar kesehatan, alat yg dijual itu subsidi dari pemerintah makanya harganya lebih murah, dll. Niat hati aku ingin pulang, tapi gimana aku ga punya akses untuk pulang karena aku ke desa itu boncengan sama tentor. Di lapangan aku kehujanan, kepanasan, kaki lecet gara2 jalan pakai septu hak tinggi.
      Kembali kr kantor sekitar jam 5, langsung diinterview HRD dab dikatakan aku diterima di bagian SPV dengan syarat menjalani training dulu sekitar seminggu hingga 1bulan. Well aku bukan orang bodoh yg mudah tertipu.
      Perusahaan ini awalnya mengatasnamakan dirinya sbg PT Maha Grup tapi yg sebenarnya PT Mandiri Cipta Harmoni. Jangan sampai ketipu kayak aku gengs. Lebih teliti kalau ada info loker. Makasi admin atas share pengalamannya.

      Hapus
    4. Mbak, apa info ini benar?
      Salah satu cabangnya di kebonsari kulon Probolinggo?

      Hapus
  2. Hanya orang" yg gagal d perusahaan macho yg ngomong kayak gitu.. Baru aja retrain hari pertama udah sok tau --"

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku memang baru sehari tapi yg jelas perusahaan macho mengawali dengan kebohongan (kalau di loker pt. mandiri adiputra dan pada kenyataanya namanya pt.cipta harmoni)sesuatu yang sudah diawali kebohongan pasti tidak baik.

      Hapus
    2. Semoga sukses dan bisa kayak dengan PT. MACHO nya :)

      Hapus
    3. memang perusahaan nipu itu,, dulu sekitar tahun 2013 saya pernah masuk sana.. ceritanya mirip bgt kyk agan.. omongan managernya terlalu muluk2 bgt,, setiap pagi nyanyi2 n joget2 kyk orang gila. cuma bertahan 3 hari krn prusahaan itu aneh. gak ada papan nama, gak ada ijin yg tertera dan menyimpang.. untung saya cepet sadar dan segera keluar.

      Hapus
    4. Apakah anda yakin . Gagal jika keluar dari pt mandiri cipta harmoni ??? Saya bekerja disitu ketika baru lulus dri sma
      Bodohnya, karna masih polosnya percaya aja , sebulan bekerja cuma d gaji 300 ribu mana ckup dan ngak masuk akal

      Usut punya usut masalahnya karna produk yg saya jual hanya 3 pcs per bulan itu

      Jgan tanya alasan tahan . Mau cari pengalaman aja karna baru lulus

      Setelah keluar darisana saya malah bersyukur anda tahu yang anda iming iming itu adalah sebuah kebohongan

      Berbicara tentang mahasiswa lah apalah
      Mau mengadakan seminar lah
      Bertobatlah ibu dian nurcahyo itu semua adalah kesalahan

      Hapus
    5. anda yakin nurcahyo??hahahahahaah anda skg sudah tidak berdiri di macho juga..saya paling tau bagaimana kerja kalian,,

      Hapus
    6. dulu gua kerja di Pt.harmoni atau di kenal dngan sebutan macho groub,apa yg di katakan admin benar semua,perusahaan ini hanya mengajarkan budak" nya berbuat dosa setiap hari nya dengan cara berbohong kesemua orang dan parah nya lagi kita mao sholat pun dilarang,pas gua mengundurkan diri gua di katain akan menyesal keluar dari perusahaan ini,hahaha gua merasa lebih menyesal lagi kalo gua masih bertahan di perusahaan itu,

      Hapus
    7. Dian Nurcahyo, Nama ente bagus, Tapi ente tidak tau berapa banyak yang udah kalian bohongi, kalau dari awal sudah membodohi masyarakat yan mau dibilang apalagi mas, seng penteng masnya urusi dunia dan akhirat mas, kami urusi dunia akhirat kami. selesaikan. tapi saran saya banyak2 minum air putih habis itu air putihnya di Al-fatehain dulu mas dian.

      Hapus
    8. Emang perusahaan nipu kok, kalau gak nipu ngapain buat loker di banyak posisi tapi semua dialihkan menjadi sales? Perusahaan kok cuma isi komputer 1 lt 2 buat joged, nyarik staff gudang tapi gak punya gudang

      Hapus
    9. TPI ko saya lihat tiap hari itu lowongan ada terus, dan ko ga tutup" kalo perusahaan penipuan km biasanya setau saya pasti udh di tutup sama disnaker atau dinas terkait,,?
      Gmn itu gan

      Hapus
    10. Krna blm ada yg nyempetin lapor aja ke disnaker

      Hapus
    11. Mohon berikn ulasannya..
      Supaya kami faham siapa yg brbohong

      Hapus
    12. Bener nih kata admin, saya baru aja berenti gara2 merasa kayak "KENA TIPU", saya melihat loker ini di instagram lalu coba2 deh ngelamar jadi bagian gudang/inventory. Hari selasa nganter lamaran, hari rabunya interview hari kamisnya mulai training. Hari pertama saya mulai masuk PT.MG (MACHO) karyawan disana nyanyi2 joged2, jadi saya bingung "Nih perusahaan apa sih?" Yaudah, karna penasaran dicoba aja dulu. Eh, besoknya malah observasi lapangan "katanya" kan saya bingung ngelamar kerja bagian apa trainingnya kaya apa. Lah ujung2nya malah kaya sales, tapi pihak PT.MG bilang ini bukan sales tapi bagaimana cara memiliki jiwa seorang pemimpin, aneh kan? Nipunya mantep banget gitu😅

      Hapus
  3. Thanks banget tulisannya mas... Syukur ada artikel ini kalau engga saya ga bakalan tau nasib cewe saya gimana. Pas tau saya langsung suruh berhenti.
    Parah banget memang cewe disuruh kerja mulai jam 7 sampai jam 6 lewat! ga keterlaluan apa cewe disuruh kerja segitu?! dan juga masa baru training 2 hari si seniornya pake goda2 cewe saya segala dan berani beraninya bawa cewe saya jalan2 keluar kota kurang ajar banget!
    PT Mandiri Cipta Harmoni Penipu!

    Untuk yang lain sebaiknya berhati2... mereka ini melakukan apa saja demi menggapai keinginannya. Cewe saya udah bilang mau berhenti eh malah dipaksa2 jangan berhenti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, kalau udh kayak ini baha juga -_-

      Hapus
    2. Aku kemarin ngalami kejadian ini gan.. 😑

      Hapus
    3. Mbak Antika mayasari dapat loker PT MACHO darimana? Saya hanya mau bertanya, karna bsok senin saya ada undangan buat interview disana, thanks

      Hapus
    4. jangan sampe masuk situ,, temen ak masuk situ dr bulan kemaren sampe sekarang enggak ada kabar....temen cewek
      hati" ya para cewek

      Hapus
    5. Ini itu PT.MG yaa yg bergerak di bidang distribusi dan retail bukan? MG Itu macho group ya,baru tau saya. besuk ada panggilan interview di sana yg cabang Yogyakarta. Padahal baru tadi pagi kirm surat lamarannya,eh udah langsung dikasih tahu kalo besuk langsung interview.

      Hapus
    6. Mbk masukin di PT MG yg di ruko gadingmas godean bukan ?

      Hapus
  4. Saya pernah kerja disana selama 2 bulan , so hasil penjualan kita yg menentukan penghasilan . Laku 1 barang diharga 250 rb kita dapat 50 rb. Memang benar sistem sales meskipun mereka bilang kita ini bukan sales. Kadal dikadalin.

    BalasHapus
  5. Dan jujur saya disana bisa bertahan sampai 2 bulan bukan karena untuk mencari uang , tapi melakukan pengembangan diri dan untuk melihat sampai dimana batas kemampuan saya. Dan setelah itu alhamdulillah saya.diterima bekerja di sebuah perusahaan kontraktor sampai sekarang.

    BalasHapus
  6. Terimakasih buanyaakk gan.. ane juga dari awal2 udh agak curiga dgn perusahaan ini, gk ada test akademik cuman test interview yg simple2 trus besoknya keterima & langsung training di hari sabtu kemren. Ane ngelamar di posisi adm.keuangan, tp training nya ke lapangan kayak SALES DOOR TO DOOR. Trus di kantornya gk ada SATU pun KOMPUTER, di ruang manager nya pun kagak ada. Lucu kan?? WKWKWKWK
    Sekali lagi trma ksh banyak gaann :D:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak ada komputer tapi dilantai duanya arenya luas kan gan? Biar bisa leluasa joget²nya. Hahahahaha

      Hapus
  7. Saya setuju dengan mas penulis. Sy jg mundur teratur dr stu

    BalasHapus
  8. pengalaman yg sama. saya hanya bertahan sampai 2 hari training saja. bilang nya sih bukan sales. tapi jadi consultant. barang yg di bawa pun juga bukan dagangan tapi katanya hanya alat buat komunikasi. yang paling jengkel lagi adalah joget"nya. sumpah bikin gua capek lah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setidaknya ada sisi baik, jogetnya bikin badan bergerak lebih banyak dari biasanya :p

      Hapus
    2. Baru aja kemaren saya daftar sebagai cs hari pertama saya ikut turun ke perumahan door to door mana kaki pegel2 lagi hari kedua saya di suruh ontime jam 7 pagi tp saya g masuk krn malamnya saya sakit krn jalan dr jam 9 sampai jam 4 sore muteri komplek kaki langsung pegel, pas ak tanyakan posisi cs di terangkan ttp ada training ke lapangan selama 6 hari gilaak pengalaman kerjaku di mana2 di kadalij menyesal pokoknya fuck banget! !!! !

      Hapus
    3. Jualan apa mb n PT nya dmn klo boleh tw terimaksih

      Hapus
  9. thats right., masak baru melamar uda diajak jalan2 keliling laut.. hahaha tapi kasian 1 anak tadi fresh graduate unesa bio.. masih mau bertahan padahal dari jombang tu cewek.. gila gan.. parah banget..

    BalasHapus
  10. Wkwk sama gan ane kemaren juga coba2 ngelamar di situ , ngelamarnya sih jadi accounting lah kok malah diajak muter2 gk jelas jadi sales door to door yg paling ane gk suka mereka mengatas namakan dari kelurahan dan ingin memberi subsidi gratis yg ujung2nya disuruh bayar . Merasa gk jelas langsung ane tinggal pulang tuh orangnya (pendamping) yg traning ane , pas dia lagi be'ol dimushollah . Wkwk

    BalasHapus
  11. Baru kejadian kemaren nih cwe gue dimacho semarang dijalan gajah, katanya tiap pagi nyanyi nyanyi gk jelas ruangan gada komputernya, diajak muter" keperumahan kumun kasian lg orangnya disuruh beli alat ksehatan 300rban. hahaha gak jelas emang itu perusahaan, langsung keluar cwe ane slesai observasi alias sales. Haha

    BalasHapus
  12. Alhamdulillah gue nemuin blog ini... Tadinya gue tertarik bgt dg perusahaan ini. Dan kmaren udah observasi lapangan trus besok mulai training.. Tp feelingku gak enak bgt sama perusahaan jni. Makanya ak coba searching perusahaan ini. Masak perusahaan terkenal (katanya) tp website aj gak punya sih?? So ak skrg udh yakin gak bakal nerusin kerjaan yg gak jelas ini... Kasian ortu dirumah ntr khawatir anaknya kenapa2.. Btw thanks buat infonya ya...

    BalasHapus
  13. Trima kasih kawan atas informasinya,saya juga dapat pengalaman yang sama,saya kemaren sore sekitar jam 4 masukin lamaran sebagai adm.keuangan langsung ke pt.macho kaya bang maddog haha,lalu besoknya di suruh interview jam 8 pagi,pas interview cuma di tanya apa itu adm.keuangan saja,dan tanpa basa-basi langsung saya di bawa training untuk jual produk langsung turun ke jalan nyari customer dor too dor,dan saat itu awalnya saya mikir saya paling jadi sales,ya nalarnya aja lah kalo administrasi ya trainingnya tentang administrasi iya kan?kalo sales baru tuh dor too dor ngomongin produknya,nah setelah lama jalan dor too dor muncul rayuan maut yang woow,padahal saya aja kalo gombalin cewe gak sampe segitunya haha,nah saat itu perasaan saya udah gak enak aja,makin lama rayuannya gila banget bro,lalu saya sadari kalo itu kaya MLM,jelas dari omongan pembimbingnya,dan itu yang bikin saya marah,dibohongin bro,setelah selesai dor too dor langsung balik ke kantor dan langsung final interview dan dinyatakan lulus,dan katanya besok training tentang adm.keuangan jam 6.30 wib bawa buku tapi dor too dor lagi,nalar lagi aja bro hubungannya apa?langsung juga saya mutusin gak bakal lagi datang ke tempat itu,sampe di kos saya search di google nama pt nya nemu blog ini,dan saya baca pengalaman agan penulis dan liat komen nya yang sama seperti pengalaman saya gua juga pengen berbagi cerita pengalaman yang rasanya saya jadi kaya orang bodoh banget

    oke terima kasih buat agan penulis dan yang lainya,semoga kita selamat dari ancaman ini,amin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sama, pas dinyatain diterima ane ga dateng besoknya.
      Udh feeling jelek aja.
      Haha semoga diluruskan jalannya mencari rezeki aja lah.

      Hapus
  14. Hampiiirrr kena jebakan pt macho ini..
    Dari awal udh curiga pas pertama kali nginjek kantor nya , kosong gak ada apa2 . Diruangan manager nya aja AC & komputer pun gak ada 😂 Tapi penasaran sama joget2 khas nya macho tuh seperti apa sih ? 😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi jika sy ingat seru juga saat joget jogetnya

      Hapus
    2. Setuju...jogetnya lumayan lah hahahaha....

      Hapus
    3. iya gan gua jg baru hari pertama nih ,prasaaan janggal yaa diajak joged-joged kyak latihan pramuka dbilang sih untuk pembentukan personality :D
      ini gua diksih wa nmor konsultan nya ,bsok sih hari kdua trainer mau observasi gt ..datang gk yaa :D :D :D

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    5. Sama aku juga ketipu nih sama pt gak jelas ini ngomongnya gk butuh sales gak butuh marketing gk ada sales gak ada marketing alahh bulsyittttt ngliat kantornya aja gk myakinkan karyawan nya aja gak ada yg ada cuma orang yg tukang bohong yg interview akuhh hmmm p4euesshaan kok gk punya karyawann aneh bgt deh

      Hapus
  15. Makasih infonya
    Pengalaman saya hampir sama
    Pertama tau info loker dari kantor pos, tpi di brosur loker nama PT nya bukan PT. MANDIRI CIPTA HARMONI atau MACHO nama PTnya PT. MACIHA. Sebelum nglamar sih udah seaching dulu tpi ngk ketemu yg namanya PT.MACIHA. ok lah coba2 aja nglamar. Trus bsoknya ada pangilan interviuw, sama kyk pengalaman temen2 bilangnya test pengamatan e malah diajak door to door ke rumah warga buat nawar in alat kesehatan dari jam 9an sampek jam 4sore. Firasat udah ngk enak.. trus abis itu masih ada interviuw juga. Dari situ ditrima kerja jadi administrasi dan besok senin itu ad trening. Setelah baca blog ini sama komen2 temen2 semua jadi mundur aja deh. Besok ngk usah dateng trening.
    Makasih buat infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama² mbak..tinggalkan pin juga boleh *eh....

      Hapus
  16. Terima kasih ya Allah hambamu telah menemukan blog ini...
    Untung ane langsung searching nih perusahaan,hari ini ane dateng buat interview gan. Langsung disuruh iku yg katanya observasi sales lapangan. Ane diajak dateng ke sekolahan terus ke kelurahan" buat nawarin yg namanya kartu ajaib buat wisata biar dapet diskon. Ane udah ngira kalo ini perusahaan kagak bener,masa' iya bagian gudang disuruh jualan. Mana kagak jelas lagi gudangnya. Pokoknya gua besok kagak bakalan dateng dah,biarpun udah diterima nyeles disono...

    makasih gan buat infonya.

    BalasHapus
  17. SAYA SUDAH PENGALAMAN DUA TAHUN KERJA DI PT. MACHO. saat itu saya di cabang kantor pontianak, jabatan saya sudah jadi SPV DAN Saya sudah memiliki dua leader dan 4 trainer serta 9 mensedeser( jkia tidak salah ketik) dan memiliki serta 15 yang masih dalam trening. dan penghasilan saya perminggunya mencapai 5-6 juta. dan jika di kaitkan dengan hal diatas,, semua nya benar. kebohongan ada di mana mana dan uang panas selalu di makan.. dan semoga Allah menmgampuni dosa dosa saya, amin.. kini saya sudah berhenti di perusaahan itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat datang kembali ke dunia ke"waras"an gan :)

      Hapus
    2. itu beneran gaji seminggu segitu?? ogut curig klo gaji segitu,managerny aja mobilnya g ada, mobil operasionalpun gak ada. Anak2 trainning diboyong buat nyeles pake grab. sumpah ogut langsung sadar. Thank fyi.

      Hapus
  18. Aku kemaren masukin lamker dan hari ini tes dan sama yg di jelas kan sama agan di atas. Dan sdh jam setengah enam belum jg di intervew dan baru pulang dr jalan2. Bener2 gk ada kejelasan cmn di di buku yg aku pegang ini memang kata2ny sangat menggiyurkan.

    BalasHapus
  19. Alhamdulillah nemu blog ini, makasih banyak info nya tmen" . Saya kmren masukin lamker ke pt. Maciha yg nama nya di brosur. Ga tau pt ap kepanjangan nya, dan bsok disuruh tes inteview ktanya.. Setelah sya baca info dri tmen" tdi lngsung merinding dnger nya, dripda kena jebakan betmen mending ga usah dteng lah besok. Mksih gan.. ;)

    BalasHapus
  20. oke oke oke oraits oraits oraits exited
    salam joget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oraits oraits oraits hap hap hiyaaaaaa *nendang traineenya satu per satu*

      Hapus
  21. Gua juga habis dikadalin sama PT MANDIRI CIPTA HARMONI. Tapi lowongan yang gua dapet atas nama PT MANDIRI ADI PUTRA GROUP. Gua ngelamar Management Trainee, terus disuruh ikut tes observasi. Gua kira bakal dianter ke rumah sakit / pabrik gitu. Tapi gua penasaran, waktu diboncengin naik motor sama trainernya gua coba2 browsing tentang perusahaan ini. Eh, ternyata ini perusahaannya gak jujur dan bener ditraining jadi SALES DOOR TO DOOR gan! (Apanya yang Management kalo jadi sales alat kesehatan). Nyesel karena gua cari infonya telat. Setelah masuk ke-4 rumah di sebuah kompleks kecil. Gua langsung bilang terimakasih atas pengalaman sales ke trainernya dan gua mengundurkan diri. Tapi si trainernya bilang kalo gak mau nganterin gua balik ke kantor gan! Siapa yang gak kesel?? Motor gw disuruh ninggal sama manager trainernya. Jarak dari TKP ke kantornya kan jauh kalo jalan. Gua bilang ke trainernya kalo gw bakal bilang ke orang2 kalo caranya gak jujur gini. Akhirnya gua balik ke kantor setelah dijemput temen gua. Sebelumnya gua udah ambil foto2 waktu si trainernya nawarin produk alat kesehatan ke penduduk setempat dengan kesan "memaksa" untuk membeli. Gua juga foto gedungnya. Habis gua mau ambil motor, gua sempetin foto nama asli PT MANDIRI ADI PUTRA GROUP ini (PT MANDIRI CIPTA HARMONI GROUP) yang ada di dinding kantor. Tapi habis itu mba2nya yang bagian rekrutmen marah2 gan karena dia mikir kalo gua mau nyebarin hal ini ke orang2. Gua dibilang pengangguran belagu dan dia juga bilang mau lapor ke polisi,dll... Wuakakakakakaka. Habis itu gua bilang. "Lu kalo mau nipu orang ga begini caranya! Gua juga masih bisa kerja diperusahaan lain! Perusahaan2 diluar sana juga pada ngantri buat ngerekrut gua su!."
    Wkwkwkwkwk

    Semoga tidak ada lagi orang2 yang terjerumus oleh perusahaan ini, dari awal udah gak jujur. Gimana kedepannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sempat nyesal juga kenapa sebelum cabut gak marah² dulu di kantornya kayak yg agan lakukan..hahaha

      Hapus
    2. Terima kasih atas informasi nya .mahluk allah yg sempurna da tidak perna berbohong .pasti kalau org rajin sholat .org tidak akan minat berbohong .berrati kalo minat di pt ini jadi pendusta yo boleh nannya sama kalian ya

      Hapus
    3. Terima kasih atas informasi nya .mahluk allah yg sempurna da tidak perna berbohong .pasti kalau org rajin sholat .org tidak akan minat berbohong .berrati kalo minat di pt ini jadi pendusta yo boleh nannya sama kalian ya

      Hapus
    4. Terima kasih atas informasi nya .mahluk allah yg sempurna da tidak perna berbohong .pasti kalau org rajin sholat .org tidak akan minat berbohong .berrati kalo minat di pt ini jadi pendusta yo boleh nannya sama kalian ya

      Hapus
  22. Bang, bang... Kok sama persis banget banget banget ya bang.. Waktu itu saya lulusan SMA sekitar 2010, ya lagi berusaha lah buat cari penghasilan buat lanjutin kuliah.

    Trus ane nemu iklan ini di koran dah. Sama kaya abang, saya daftar admin (yang memang gak pernah ada posisi itu). Boro boro ada posisi itu, hampir di kantor itu saya ngga lihat ada komputer. Cuman ada tipi, ama pe es.. Hahhaa...

    Setelah hari wawancara dan ane diumumkan lolos. Next day, saya diharuskan mengikuti training. GA PERLU DICERITAIN LAGI DEH YA, TRAINING NYA NGAPAIN. SAMA KAYA CERITA ABANG PERSIS BANGET2.

    di awal ane sempet nolak buat jadi MT itu. tapi dengan jurus cocot mereka, "kalo MT kan gajinya lebih gede, nanti bisa buat sambil kuliah" dan ane nge iya in. gak tau dah kenapa.. wkwkwkw

    Dan disitu saya bertahan 1 hari, dan kabur begitu aja. Kenapa saya mutusin buat cabut? pas door to door sales, ini orang bilang ke calon pembeli nama perusahaan nya gak sesuai ama yang ane tau. Kami dari perusahaan ini lah, ini lah, ini barang sama kaya di TV lah. Padahal ya bang, ini barang KW!!!!

    tidak hanya itu, pas training sehari itu, ada kejadian. Di tempat kami nawarin produk, ternyata ada salah satu orang yang tetangga nya pernah beli produknya. Pas mo nawarin ke orang itu dia ngomong kenceng banget "Ahh produk nya palsu, kemaren bu itu aja beli, gak ngefek, blablablablabal.....

    Hahaha, dari situ saya semakin yakin, buat cabut di hari esok nya.
    Buat semua pelamar, ati2 deh, lihat2 dulu perusahaannya. kalo bisa cari google dulu.. hehe

    Makasih bang, udah share

    BalasHapus
  23. untung aku belum ngelamar, uda dapat informasi yg sangat berguna ini....
    makasih ya agan-agan semua :)

    BalasHapus
  24. Alhmdulillah nemu blog ini, critanya sama sja ma agan2 di atas. Sya jg ketipu, kmarin ngelamar tnggl 23 februari 2017, trus besok lngsung dsuruh datang bwt test. Dari test interviewnya aja udh ketahuan gk jlas. Kerjanya gimana, gaji brapa, tempat gudangnya mana. Kn q nglmar bagian gudang. Ktanya besok djlasin semua mslah gaji dll pas training prtama, trnyata pas training prtma jg gk di jelasin itu semua (hoax) hbis joget2 gk jlas trus training psikotes yaitu out to door ke krian dgn di bimbing, untuk meggali mental n sikap katanya. Eh ternyata jd sales alat terapi 350 rbuan hahaha, ngmongnya aja udh jago. Bilang subsidi dari lurah, bilang ada pengobatan terapi gratis di puskesmas. Hadeh pinter deh klau bohong. Dan akhirnya besok senin mutusin gk lanjut lagi.. satu lgi, pihak mreka jg bilang pas training seminggu dkasih uang bensin 150 hahaha (di lowongan ngaku dengan nama PT. Express Maciha).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah nama PT nya ganti lagi, kira² siapanya Machicha Muchtar ya? hahahaga

      Hapus
    2. Brrti PT.MANDIRI GROUP itu penipuan gan?minta pencerahannya gan .. soalnya sy mau ada tes disana , thanks.

      Hapus
  25. PT. Nya sekarang namanya PT. Indo Express pas waktu loker, trus waktu wawancara nama PT. Nya brubah jadi PT. MANDIRI CIPTA HARMONI, baru aja ditelpun sama manajernya. Apakah perusahaannya sama dengan yang dibahas diatas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan aja datang kalau penasaran gan, cuman kalau udah disuruh joget² bersama dan terju kelapangan ya itu tandanya sama :D

      Hapus
  26. Makasih atas infonya gan. Saya emang uda trlanjur ngasi lamaran. Dan ada panggilan interview besok. Dan lebih baik ga datang.

    BalasHapus
  27. Wow. ngga jelas berarti ini perusahan. Hari ini tadi bahwa Lamaran kerja ke kantor jam 10 pagi. kantor nya sepi dan ngga ada komputer di mejanya trus buku2 ngga ada juga padahal ruangan nya besar. dan katanaya perusahanya bergerak di bidang eksport import. trus anehnya lagi traning nya dari jam 8 pagi sampat 4 sore lamah amat padahal mau kerja situ jadi admin aja, untung browsing dulu kalau ngga besak pasti door to door ni. Terikasih sudah share

    BalasHapus
    Balasan
    1. Satu lagi yang selamat dari jebakan betemen :D

      Hapus
  28. http://metrobali.com/2016/02/08/pt-mandiri-cipta-bali-harmoni-telantarkan-karyawati-hidup-tanpa-limfa/

    BalasHapus
  29. ane barusan minggu ini nglamar gan.
    cabang surabaya rukk panjang jiwo.
    waktu itu ada lowongan desain grafis dan persyaratanya cocok dengan kualifikasi yg cocok sma ane.
    tp kejadianya ya serupa sama agan" semua.
    trus besoknya ane ga dateng lagi. tp trus d tlfon gk saya angkat.
    xianjeng nih perusahaan abal” ga jelas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Namanya slalu berubah mas, tp yg pasti alamatnya tidak akan berubah, Ruko panji makmur blok A 20-21

      Hapus
    2. alamat tetep.. nama tetep.. saya ketipu sama nama expressnya.. kirain beneran bidang ekspedisi antar barang gtu, ternyata jualin produk gaje (gak jelas).. d bilang program pemerintah lah, dpt diskon lah, apalah.. baru tadi di test kok tiba2 udah di ajak training lapangan.. dari awal di ajak training juga sempet ku tanya, "ini mau cari customer untuk ekspedisi?" jawabannya "mbaknya nanti perhatikan saya saja yah sambil senyum OK?"
      elhadalah? emang ada yg begitu? dulu saya juga pernah nyemplung di ekspedisi tapi gak begitu2 amat.. kan bikin curiga..
      udah gak enak ati ternyata nongkrongnye di emol (ibuknya bilang mall jadi emol #tepokjidat) kutanya lah lagi, "ini kita kenapa ke sini bu?" jawabnya "kita mau jual voucher program pemerintah". saya nya "heh?! hubungan nya ama ekspedisi apaan?". pas si ibuk2 mulai beraksi, lha ternyata nyales tapi gak mau di bilang sales karena dia kata beda.. "kalo sales kan di target mbak, kalo kita kan gak di target.." dalem ati "eh monyet, nenek2 bobok sambil ngesirih juga tau keles kalo lu lagi nyales.. bodong"
      slese training, balik ke kantornya berhadapan sama "HRD" dia bilang.. karena dari awal perasaan udah gak enak (di tambah adhe yang nganter-jemput juga ngerasa janggal dari pagi), pas di interview lagi, setial pertanyaan kujawab sekenanya berharap gak diterima.. lha kodok ternyata malah bilang "mbak kami beri kesempatan untuk bergabung dengan kami. besok datang jam 7 yah. jangan sia2kan kesempatan ini"
      hadeeuuuuuh.. fix deh setelah baca ni artikel, kagak mau datang lagi ke sana.. kalo yang di jual barangnya jelas mah, saya lanjut.. nah ini, dari awal udah tipu2.. anak baru jg udah di ajarin tipu2.. gak barokah banget hidup nya saya ntar kalo tetep lanjut..
      tengkyu somach atas infonya (inggrisnya bodo, ga bisa nulis thankyou soo much) #eh
      alhamdulillah lepas dari jebakan betmen ������

      Hapus
  30. Ini beneran gak sih soalnya aku mau ngelamar kerja disana diajak teman kata nya bagian administrasi sih.

    BalasHapus
  31. Nurul Husnaa, mending gak usah aja, saya dlu juga di sana saya coba bertahan 1 bulan karna ingin ambil ilmu peletnya ( pinter ngelobi ) saya masuk tanggal 19 juli 2016 sampai tanggal 18 september 2016 saya tidak di beri upah, padahal udh lmayan bayak barang yg udh terjuan, dalam 1 minggu bisa laku 3 smpai 5 buah produk terapi, giliran saya minta hak saya eh malah di persulit, tp it's okay dari situ saya belajar bagai mana membaca karakter orang. Dan yg paling penting, bahwa kejujuran adalah segalanya

    BalasHapus
  32. Wow amzing banget y cara jebakan betmen nya sampe klh acara uya kuya, hehe untung sy nemu ini blog dan baca2 dari komen2 rekan2 yg udh mau berbagi, sy jg baru melamar diperusahaan PT.Mandiri Cipta Harmoni Jl. Karya Cilincing No.10 Medan. berawal sy lht loker di olx yg terpampang mengatasnamakan "Warung Suko-Siderejo Jatim" yg mau buka cabang di wilayah Medan & posisi yg sy lamar bag. HRD namun posisi itu sdh ada yg mengisi, sy beralih ke posisi bag. gudang. Singkatnya sy dipanggil utk interview & dtg ke kantor pagi jam 8, sy datang terlambat & disuruh isi form, setelah itu interview dan sharing2 dg managerial dari PT. MG (Macho Group), ilfeel jg langsung nebak ini perusahaan MLM (hanya dlm hati yg menerka2, namun sy msh penasaran & ingin tau lbh lanjut), tim managerial yg interview sy mengatakan klo sy diterima & bsk sy disuruh dtg jam 07:15, lagi2 sy dtg terlambat 30 menit, si MT (Manager Trainee) kelihatan dari raut mukanya udh ga sreg sm sy yg dtg molor,hahahaha aneh aza lht ini perusahaan dimana2 jam kantor masuk 07:30 (wilayah Medan) ini koq pagi bener, anak2 baru disuruh masuk ke dlm ruangan terkecuali sy seorang diri yg dioper ke MT lain yg bernama "Fadhel" asal dari padang usianya msh muda jauh dari sy, gaya serasa seperti big boss,ngoceh2 ga jelas,ngejelasin tentang perusahaan baik visi maupun misi & menyatakan bahwa perusahaan ini bkn sales & jual product namun lbh mengarah door to door (lha ini apa lg ya,setau sy yg namanya door to door itu ya sales atau penjual product atau Lembaga Survey namun utk pilihan lembaga survey tdk door to door melainkan face to face,hhmmm rasa penasaran & kecurigaan makin tinggi), haha lagi2 hati sy tertawa ngelihat tingkah si MT ini yg nyerocos ga jls & beselemak bersalahan ngejelasinnya,but it's okey suka2 tuch org,bicara tentang attitude namun prilaku & gaya si MT sangat2 minim attitude nya (maaf ya ini penilaian sy secara pribadi lho, walaupun mungkin attitude sy jg ga bagus2 amat), setelah MT nerangin & jelasin panjang lbr dia nanya ke sy "paham kan & ada pertanyaan?", sy jawab "paham,but no question for now". Si MT nyuruh sy senin utk dtg coz mau kelapangan utk uji mental & di dampingi olh si MT Fadhel utk hari sabtu ini cukup & sy dipersilahkan utk pulang, sy bilang ke MT nya klo sening tgl merah libur nasional itu hari isra miraj, akhirnya deal hari selasa tgl 25 April 2017 utk dtg kembali, jd training di hari sabtu tgl 22 April 2017 hanya berlangsung 45 menit saja (amazing banget ini perusahaan, training nya cuma jlsin our company, vision & mission,just that,okey lah klo begitu). Sepulangnya sy ketawa2 sendiri (mana udh bawa bekal utk makan siang eh ga taunya training cuma 45 menit doank luar biasa, baru kali ini sy training di sebuah perusahaan waktunya begitu cepat hehe), sampai di rmh sy cb searching di mbah google eh nemuin blog ini,trims y gan atas infonya & utk tmn2 yg udh sharing2 disini, akhirnya ane mutusin ga bakal balik lg ke itu perusahaan bagus cari perusahaan yg lbh maknyus dan lbh jls serta proporsional,ga banyak 'big lies' seperti perusahaan MG,maaf ya perusahaan MG bkn bermaksud utk menjelekan perusahaan anda, namun cobalah bersikap proporsional dlm perekrutan karyawan & jk pasang loker hrs bersifat terbuka jgn melakukan 'big lies' semua sharing2 di blog ini bersifat masukan2 yg positif, seperti MT ktkan membentuk karekteristik positif thinking, so utk para MT hrs bersft positif dlm menanggapi hal ini y. Nah, To colleagues all of whom should be vigilant,akal & pikiran kita hrs hdp & lakukan tes logika terhadap diri kita & bertanya kpd diri kita,apakah mungkin??? bener ga sech??? Maaf terlalu panjang komen nya,wkwk kesimpulannya PT. MANDIRI CIPTA HARMONI (MACHO GROUP == MG) adalah perusahaan yg bergerak dlm bisnis MLM (direct bisnis) so semua ada ditangan rekan2 bagaimana menyikapi perusahaan MG tersebut. cmiiiw...

    BalasHapus
  33. Beruntung bgt aq nemuin blog ini.aq baru tdi pagi mau interview ke pt mandiri cipta harmoni di daerahq. Sblm mulai tes, niatq mau belajar ttg perusahaan mg. Untung aja aq buka blog ini. Aq n tmenq lgsung kbur dg alasan mau keluar cari minum. Gak sudi bgt krj di perusahaan penipu ky gt. Akhirny aq n tmen2 malah jln2 ke benteng. Oiya...btw..emang ada joget2 bneran po.soalny tdi pas aq smpe perusahaan itu, krywnny pada hokya hokya...ngakak gue dengernya.gak jelas bgt

    BalasHapus
  34. Ia memang dasar tu pt! Aku jga dpt loker melalui koran dr pt itu dan langsung ku antar...eh, almtnya ga jls sampe 2 hr akh cari2 ga ketemu mau pake Gmap ga dpt jg. Untung z aku bc ini jd ga mau lgi cari ptnya.

    BalasHapus
  35. Gak ada otak memang perusahaan nya itu, ane uda capek2 bangun pagi karena lokasi nya cukup jauh dr rumah ane, smpek keliling2 buat nyari alamat nya, ternyata uda sampai dapat zonk, pas ane liat muka2 consultannya, hampir smw nya muka2 org yg susah nyari kerja, hitam2 kali, kebanyakan berjemur d lapangan soalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama cerita gan. Cuma namanya PT. Mandiri Group klo di Jawa Tengah.
      Pas hari observasi trs di wawancarai selesai ane diterima.
      Bsknya suruh dteng jam 06.30 lah kira aje jarak solo nyampe Mangelang kan 3 jam kurang 15 menit motoran.
      Pdhal udh ane jelasin klo ane rmh jauh blm kos dll. Ya akhirnya ane mengundurkan diri dan menemukan blog ini.
      Syukur Alhamdulillah lah gan.

      Hapus
  36. Thank you banget buat infonya ya, pas baca ini blog dan inget tadi saya diinterview, baru ngeh kalau di ruangannya yg besar gak ada laptop/pc (aneh banget). Besok saya disuruh dtg jam 7 katanya mau ditraining dan dijelasin perusahaan ini (di koran Jawa Pos namanya Mandiri Express). Puji Tuhan saya search di google soal perusahaan ini, jadi terselamatkan :D

    BalasHapus
  37. Hahahaha...ini perusahaan pecahan dexpand...,, Raja salesssssssssss...

    BalasHapus
  38. Saya juga habis kena tipu kemaren, di perusahaan ini ngakunya perusahaan distribusi eksport import, pas tau tes nya diluar ruangan saya curiga, apalagi konsultannya ngakunya ini tes kepribadian untuk mengetahui attitude, saya kuliah psikologi dan sepanjang sejarah nggak ada yang namanya tes kepribadian macem beginian, alat tes psikologi kepribadian cukup dilakukan hanya dengan mengisi lembar soal bukannya luar lapangan, saya langsung mengundurkan diri saat itu juga,ketika saya tanya mengapa harus diluar lapangan apakah ada hubungannya dengan pekerjaan yang saya lamar sebagai administrasi ?? Jawabannya semakin membuat saya curiga saya langsung mengundurkan diri bersama bapak paruh baya yang juga melamar sebagai spv

    BalasHapus
  39. Mksh ia guys info y,
    Mudah2an cepat dapat kerjaan yg bagus. Good luck.

    BalasHapus
  40. Mksh ia guys info y,
    Mudah2an cepat dapat kerjaan yg bagus. Good luck.

    BalasHapus
  41. Mksh ia guys info y,
    Mudah2an cepat dapat kerjaan yg bagus. Good luck.

    BalasHapus
  42. Mksh ia guys info y,
    Mudah2an cepat dapat kerjaan yg bagus. Good luck.

    BalasHapus
  43. Alhamdulillah makasih agan, artikel ini yg lebih tepatnya informasi sih hehe.
    Bdw itu yg komen bilang baru retrain hari pertama sok tau kemane ya? Kok ga nongol??
    Haha so pasti blog ini bisa si baca sama semua yg mau ngelamar atau sudah menjadi 'budak' disitu deh supaya sadar ke jalan yg benar dalam mencari rezeki dr Allah SWT

    BalasHapus
  44. Saya barusan ngelamar ni di sruh dtang jam setengah 8 untuk tes wawancara dan psikotes.tp stelah baca tulisan gan spertinya ngk jd.wkwkwkwk

    BalasHapus
  45. Terima kasih buat agan yg nulis ini. Ini makin memantapkan saya utk keluar dari pt sialan itu :D
    Dan jika ada yg nanya "Kapan kamu menangisi waktumu?" aku akan jawab "Akhir april sampe pertengahan mei 2017".

    BalasHapus
  46. Verry well, walaupun akhirnya aku keluar dg segala kesombonganku, seenggaknya MACHO memberiku kesempatan utk mengenal orang2 yg justru mau mencarikan pekerjaan yg sesuai dg hobiku :D.
    Btw, buat pak adi (manajer cab Semarang) ditunggu oleh2nya dari thailand - jika anda nggak kesasar -

    BalasHapus
  47. Ini beneran yaa? Soalny bsk saya training di PT. MG GROUP?

    BalasHapus
  48. baru aja aku mau ngelmar disana... karena liat koran Jawe Pis hari sabtu 3 juni maren... penasaran buuuangt soalnya baru lulus gak ada kerjaan boring dirumah. dan ternyata eh ternyata bner ente gan freeeek bgt.. thanks utk artikel yg bermanfaat ini.

    BalasHapus
  49. Anjirr gak cuma aku aja yg kejebak, aku juga udah curiga sejak liat nama perusahaan di kantornya beda. Kalo di area semarang ada di jalan gajah sama jl fatmawati. Makasih buat yg ngasih informasi ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang di gajah namanya pt mandiri express bukan sih? Baru buka lowongan awalnya mau niat lamar kesitu

      Hapus
  50. Dari skian banyaknya korban, mungkin sy guys yg paling lama sadar sampai 9bulan lamanya di MACHO thn 2009, yaa mungkin saking polosnya bru tamat SMA ditambah lagi efek gagal masuk anggota polri puluhan jt dana ortu korbankan tp sia2, perasaanpun down ketika itu.. datanglaa macho groub waktu itu dgn iming2 manager diusia muda, scara otomatis motivasipun berlipat ganda utk mengangkat martabat dan mmbahagiakn ortu shabis jatuh... sy tdk prlu pnjg lebar lg bicara tntg bgmn macho groub krn sdh banyak yg tau tntg bisnis ini, yg jelas sy sdh tdk percaya lagi dgn bisnis MLM ini ataupun bisnis MLM lainnya, sy ambil hikmahnya sja dr yg pelit senyum jd murah senyum stiap x ktemu org, dr yg susah bergaul jd gampang brgaul dgn org serta skill komunikasi bagus, setuju banget dgn dr balasan sodara akshanisme "sesuatu yg dimulai dgn kbohongan itu tdk baik", mdh2n postingan sy bermanfaat bagi yang lainnya khususnya bagi yg bru2 tamat SMA/blum punya pengalaman krja, wassalam

    BalasHapus
  51. Saya baru hari ini kerja.. Emang awal nya merasa aneh... Its okey.. Sy akan coba dlm sebulan

    BalasHapus
  52. saya baru hari pertama ni mas/mba tranning nya ,ada yang janggal sih saya kemaren ikut interview tesnya cuma tes tertulis itu pun gk ada tes basic psikotesnya yang kedua tes wawancara ,untuk wawancara pertanyaan formal yang sering kita denger waktu wawancara ,,sebelum pulang si mba nya ngasih tahu kalau yang lulus ntar sore dikonfirmasi via sms besok ikut trainning jm 06-30 sampe jam 17.00 selama 6 atau 8 hari dengan pakaian yang udah ditentukan.. hari ini adalah hari pertama masuk trainning waktu mau mulai kita start jam 06.30 diatas udah ada consultant nya orang itu bilang mam* untuk panggilan ,kemudian trainernya mulai lah joged-joged dia bilang sih pembentukan personality untuk pemimpin perusahaan kedepannya. kira-kira 1 jam joged-joged masuklah materi tentang company profile kita dijelaskan program perusahaan tsb. setelah selesai pembekalan materi lanjut lagi joged-joged ...gak lama diatas cuma stengah jam-an saya dipanggil keruang manajer cabangnya disuruh konsultasi ma consultant yang udah ditunjuk ma manajernya dikasih nmor wa jg :D
    setelah itu disuruh pulang besok datang hari kedua saya trainning yaitu observasi lapangan..
    dalam pikiran saya perusahaan ini kok seperti komentar yang diatas :D . oh iya tadi kebetulan ada yang promosi tu dari MD ke TR cuma butuh waktu 2 minggu doang
    jadi program company nya ada 2
    1. program karir 2. staff
    *MD * Adm
    *TR * Gudang
    *Assment * Cs
    *Manager * Receptionis

    itu doang sih program dari perusahaan ini yang dijelasin waktu company profile nya ,jadi kita di sarankan jangan mau milih kerja sbg staff harus punya keinginan tinggi yaitu program karir :D

    Besok hari kedua saya trainning di Pt ini ,hheee
    hari kedua yaitu observasi ,setelah saya baca blog ini dan saya pikir-pikir jg ada yang janggal tapi sudahlah :D

    hidup adalah pilihan apapun itu dinikmati aja ,kita juga dapat memilih mana yang itu mana yang ini :D

    thnks bro untuk secercah pengalamannya :D :D :D :D :D

    BalasHapus
  53. Alhamdulillah aku baca blog ini serta komen disini, jado semakin yakin utk tdk berangkat training. Bener sama yg dikatakan temen2 kalo perusahaan ini punya nama berbeda. Ngakunya tadi pas dibjelasin sama konsultan Pt. Krisna bali arta ini anak cabang dr pt mandiri cipta harmoni. (Aku blak2an aja ngomongin nama perusahaannya). Jadi hr sabtu kmrin aku masukin lamaran trus hr ini interview. Ada kedok tes kepribadian tapi sifatnya secara lisan bukan tertulis. Melihat mbak trainernya td aku jd smakin ragu karna tes kepribadiannya kok jd terdengar spt sales. Cuma disini dr pnglamanku mrka ngaku bergerak dibidang pariwisata. Td wktu praktek mbak nya nawarin pendaftaran ksrtu el club. Gk lama emg wktu tes kpribadian td. Stlh balik ke tempt interview kita lgsung wawancra sma menejer. Dan memang bener di tmpt ibu mnejer ndak ada apa2nya kecuali meja dan kursi sama pajangan. Tadi awalnya perusahaan ini itu bergerak di bidang retai karena di Bali ada perusahaan yg jual oleh2 dg nama Krishna yg sgt terkenal itu.
    Btw, tdi di kertas formulir ada pertanyaan 'dlam hal apa anda merasa sulit dalam memberi keputusan' jawabanku adl kepercayaan. Jdi, dg semua kejanggalan yg ada sudah kuputuskan utk tdk percaya perusahaan tsb.

    Bersyukur selamat dari jerat kebohongan.

    BalasHapus
  54. Td aq dari sana bsok suruh training,nmnya ecp expres skrang bro,bsok suruh training.berhubung sudah tw dari blog ini.bsok tdk akan datang lg

    BalasHapus
  55. njaay ane juga udh curiga waktu tes tulis dsana.. masak ane lamar bagian gudang.. malah disuruh jualin alat terapi.. dan parahnya dia mengatasnamakan lej*l Home shopping.. ngomongnya manis bnget gan..
    Consultannya sok2 ngomong bahasa inggris, eh ujung2nya gw juga yg ngajarin dia bhsa inggris..
    *cth : dlm berbicara kita harus mmbuat *building trush katanya. tau building trush ?
    ane jwb.. klo building itu "membuat" klo trush ? apaan ? "Trust" nggak mas bukn trush. eh dia malu sndiri..
    btw ane door to doornya dtemenin 2 cewek..
    lumayan sih.. apalagi HRD nya min..
    mbak Indah nmanya .. wuuh bodynya.. pake jilbab aja dadanya kebuka .. bkin ane khilaf aja.. Intinya ni PT, PT abal2 ,, Penipuan doang.. katanya ini perusahaan yg bergerak dibidang inilah,itu lah .. tmpang consultannya aja tmpang anak susah.. ngomong lembek amat jadi cowok.. serasa2 mau ane tonjok tu mukanyaa.. 😄😄😄

    BalasHapus
  56. njaay ane juga udh curiga waktu tes tulis dsana.. masak ane lamar bagian gudang.. malah disuruh jualin alat terapi.. dan parahnya dia mengatasnamakan lej*l Home shopping.. ngomongnya manis bnget gan..
    Consultannya sok2 ngomong bahasa inggris, eh ujung2nya gw juga yg ngajarin dia bhsa inggris..
    *cth : dlm berbicara kita harus mmbuat *building trush katanya. tau building trush ?
    ane jwb.. klo building itu "membuat" klo trush ? apaan ? "Trust" nggak mas bukn trush. eh dia malu sndiri..
    btw ane door to doornya dtemenin 2 cewek..
    lumayan sih.. apalagi HRD nya min..
    mbak Indah nmanya .. wuuh bodynya.. pake jilbab aja dadanya kebuka .. bkin ane khilaf aja.. Intinya ni PT, PT abal2 ,, Penipuan doang.. katanya ini perusahaan yg bergerak dibidang inilah,itu lah .. tmpang consultannya aja tmpang anak susah.. ngomong lembek amat jadi cowok.. serasa2 mau ane tonjok tu mukanyaa.. 😄😄😄

    BalasHapus
  57. bener bener, tadi barusan aku datang ke tempatnya, masa tempat alamat rumahnya prumahan plosok entah antaberantah, aku udah yakin ini perusahaan abal-abal, aku nanyak ini perusahaan bergerak dibidang apa, nggak dijawab hrd nya, makanya gua bingung kok ini orang nggak bisa jawab, terus dia kira ane orang bego kali mudah untuk ditipu, buaya mau dikadalin hahahahahahha...

    BalasHapus
  58. Memang perusahaan bajingan . Tukang tipu . Gw sempat kerja di sana 1 hari saja. Cerita di atas 1000% bener pake banget. Ini perusahaan tukang kibul . Jujur gw janggal banget yg namanya perusahaan ini. Tapi gobloknya gw kok gak lihat ini blog. Sumpah nyesel banget . Klo gw lihat blog ini mungkin aku tdk akan dtg ke sana. Oke kita lanjut ceritanya. Gw awalnya lihat perusahaan ini di iklan koran. Pada waktu itu gw galau banget maklum mbak atau bro gw barusan di phk ama perusahaan ternama jd pada waktu lht iklan di koran langsung gw sikat . Ketika itu aku ngelamar bagian spv gudang atau warehouse. Di situ tertulis silahkan dtg saja ke kantor sidoarjo . Sampek di sana gw kaget kok nama mandiri cipta harmoni kok ga ada. BAHKAN LUCUNYA tetangga sekitar jg tdk tahu kalau ada perusahaan tsb wkwkwkwk. Akhirnya gw lihat di iklan koran td ternyata ada no rumahnya. No 32 klo ga salah. Dan benar ternyata betul. Begitu masuk saya langsung shock cause ini perusahaan kok kyk rumah jelek banget . Tembok nya lusuh . Dan aneh nya di dalam rumah itu ada mobil bagus2 di antaranya alphard bmw dan wrangler. Setelah saya masuk akhirnya gw interview standar2 saja . Pertanyaan jg gak penting. Akhirnya hari itu jg gw langsung terjun ke sales door to door . Sial bajingan gw kena tipu. Dia bilang ini bukan sales tp ini melatih kemampuan berkomunikasi. Whats ??? Its look different ? Sumpah capek banget gw. Sebelum berangkat biasa para mami2 (sebutan lain untuk para trainer di sana wkwkwk) mengajak kita untuk joget2 gak jelas kayak org kehabisan obat. Gw sempat jadi org gila pada wktu itu. Setelah joget2 langsung saya dibonceng naik motor ke kampung2 kumuh. Pada wktu itu saya disuruh jualan sabuk herbal dan lucunya . Dia menipu para2 warga di sana klo sabuk itu telah di subsidi sama puskesmas setempat. Bajingan banget dalam hati gw. Apalagi yg ditipu itu rata2 orang usia manula yg tdk tahu apa2. Dan ditipu sama anak2 sales muda ini. Jujur saya sangat menyesal bekerja di perusahaan ini meskipun hanya 1 hari. Ini buat pembelajaran buat para fresh graduate dan para2 job seeker lainnya bahwa jangan tergiur dengan iming2 gaji yang tinggi atau fasilitas yg menarik. Percayalah jika ada perusahaan yg menawari begitu. Thats bullshit !!!
    Inget motto ini NO PAIN NO GAIN artinya tidak ada pengorbanan tidak ada hasil. Di dunia ini percayalah tdk ada yg instan untuk mendapatkan segalanya. There is must effort to get success not talk only. Jadi inget jangan tergiur dengan sallary tinggi

    Salam
    Prayogo

    BalasHapus
  59. Rata" yang comment negatif orang" yg cuma 1hari-2bulan aja di macho....
    Saya pernah 5bulan disana..terpaksa berhenti karna menikah n pindah keluar kota ikut suami.

    Hidup itu pilihan...walaupun saya tidak lagi di bisnis itu tapi saya sama sekali tidak negatif dengan perusahaan itu,,setiap kerjaan punya prosedur n cara kerja sendiri.

    Memangnya ada apa dengan sales??
    Selama tidak mencuri, merampok, membunuh atau mengambil hak org lain saya rasa itu tidaklah salah..yg salah itu mampu bekerja tapi seribu alasan untuk bermalas-malasan..

    Penipuan??? Abal"??
    Memangnya iklan produk di tv itu semuanya benar??
    Contohnya iklan ponds "putih dalam 2minggu" emang bener???
    Dosa atau tidak kita kembalikan sama yg di atas...yg terpenting tujuan n niat dalam hati lillahi ta'ala hanya untuk mengais rizqi..
    N yg comment sholat g boleh maaf kantor mana ya gan??
    Saya selama kerja disana sebelum aktivitas malam kami dikasih waktu kok untuk sholat, setiap malam jum'at kami yasinan..jadi tidak semua ya,,tergantung kebijakan manager area...

    Yg bilang macho bermimpi besar n muluk" juga kayaknya perlu search tentang suksesnya pendiri macho..vice presiden pak eben maha,,saya memang hanya 5bulan disana tapi saya juga tidak bodoh hanya menilai pekerjaan itu yg hanya modal katanya n katanya...

    Be smart gan!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf nih sebelumnya saya mau tanya apa hasil cari duit dengan cara atau strategi berbohong itu ada tuntunanya dalam agama? Sebagai orang muslim bukanya di ajarkan untuk memisahkan antara yg haq dengan yang batil?
      klo mau cari rejeki yg halal itu ya dengan cara yg halal..
      Mosok udah waktunya sholat minta iji bukanya di persilahkan malah suruh lanjut nyales kan freak bgt tuh..
      Itu mlah mengambil hak Allah buu... Ga sekedar mengambil hak orang lain..
      Sampai sini paham ga bu??

      Hapus
  60. Selamat Siang, saya Taufik. Baru saja saya ditlp pihak PT.MCH Group BATAM untuk melakukan intervier besok. Sebelumnya saya masukan lamaran kerja sekitar 1 minggu lalu. Bdw, saya melamar sebagai Manager Tour dan Travel. Melihat komen" saudara di atas, saya menjadi khawatir akan nasib saya besok. Sebelumnya saya ingin konfirmasi, apakah benah PT. MCH ini adalah PT. Macho atau Mandiri Cipta Harmoni yg dimaksud? Saya searching di internet tidak begitu jelas dan tidak memiliki profil perusahaan yg standar. Terima kasih.

    BalasHapus
  61. Ibu Nani Aris, tidak ada yang salah dengan pekerjaan Sales, tapi ketidakjujuran iklan tentang posisi pekerjaan itu membuat para pencari nafkah merasa kecewa.

    Mengapa harus mengiklankan posisi Administrasi atau receptionis bahkan gudang jika kenyataannya adalah menjadi sales? Harusnya terbuka saja, "Lowongan Sales" seperti itu. Begitu maksudnya, Ibu.

    Kalau soal ponds, mungkin kurang cocok aja sama kulit Ibu. Ada beberapa juga yang bisa putih dalam seminggu. Wallahualam.

    BalasHapus
  62. dulu banget aku pernah kerja d sni...tapi namanya masih pt dexpand...jln majapait 388b semarangb kalo g asalah...
    iya c...emang suruh nyeles...jam kerja nya gila2an...
    ak brtahan mungkin 3bulan...udah lupa..udah taon 2005 dulu soalnya...
    tapi hikmahnya...komunikasinya emang maut...dan aku blajar komunikasi jg mau g mau d akui dari situ...
    cuma y itu...dulu daftar admin...dan persis sama crita di atas...hehehe

    BalasHapus
  63. Untung dech nemuin artikel ini, cz jadwalnya besok saya dipanggil buat interview buat bagian admin di PT. Mandiri Cipta Harmoni cab.kediri. Barusan saya ngecek lokasi kantornya, dilihat dari bentuknya aza udah tidak meyakinkan. Alhamdulillah dech kalo gitu.

    BalasHapus
  64. Untung nemu curhatannya agan disini temenku gjd korbannya soalnya dpt panggilan dr perusahaan Itu wkwkwk. Thanks gan

    BalasHapus
  65. Hari ii seorang magister teknik ikut jualan kerumah2, miris liat embah2 yg udah bahagia karna dapet bingkisan gratis, ujung2 si embahnya nangis karna g ounya uang buat bayar yg katanya biaya pajak. WTF jangan sampe bapak ibu jadi korban dirumah

    BalasHapus
  66. Saya juga dapet panggilan di PT.Harmoni group Jateng apakah itu sama dengan PT.Mandiri cipta harmoni? Saya serching tapi tidak ada profil perusahaannya.

    BalasHapus
  67. 1 bulan yg lalu saya juga sempat masuk ini perusahaan, tiap pagi dsuruh nyanyi ga jelas, trus tiba hbs itu langsung observasi kelapangan,2 hari bertahan dsana karna diselimuti rasa penasaran dan trnyata rasa penasaran itu mahal. ternyata bukan aku aja yg tertipu😂😂😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. anda masuk di pt macho mana mas? boleh kita sharing pengalaman ?

      Hapus
    2. dibanjarmasin cabang mereka Mandiri group, ngakak abis pokoknya disana😂😂🤣🤣

      Hapus
  68. kebenaran dan kenyataan mengenai pt mandiri cipta harmoni memang masih belum dapat dipastikan. bukankah ini perusahaan besar yang telah memiliki 86 cabang, dan mereka menargetkan membuka 300 cabang. kata pak bos perusahaan ini terlahir di jakarta dengan betawinya tp,lantas kok tidak ada satu ftopun mengenai kantor pusatnya?

    BalasHapus
  69. Ah jadi gw kna tipu juga donk hari ini
    Crita gw hari ini yg bru masuk pt.Mandiri cipta karya sama nasip kya tmn2 skalian...
    Masa interview gag ngomong soal gaji jga...
    Dan critanya persis kaya tmn2

    BalasHapus
  70. Alhamdulillah ya allah nemu blog ini..
    Tadi saya kirim lamaran ke PT MACHO ini dan besok ada tesr dan interview. Habis baca komen agan2 dan sista2 jadi ngeri sendiri. Ga dateng we lahh. Drpd terbujuk rayuan setan hihihi

    BalasHapus
  71. Ini yang di ceritakan PT.MCH Group bukan?? Namanya kok beda",, besok mau interview disitu.. Tapi jadi bimbang gara" crrita diatas,, tapi emang bener si.. Ngaku Perusahaan terkenal kok gk punya website, dicari informasinya ya sulit,, gak ada di mbah google,, tanya mbah mijan aja deh

    BalasHapus
  72. Ini yang di ceritakan PT.MCH Group bukan?? Namanya kok beda",, besok mau interview disitu.. Tapi jadi bimbang gara" crrita diatas,, tapi emang bener si.. Ngaku Perusahaan terkenal kok gk punya website, dicari informasinya ya sulit,, gak ada di mbah google,, tanya mbah mijan aja deh

    BalasHapus
  73. Aki dikadalin, di loker namanya PT. MANDIRI EXPRESS tak sercing adanya di Medan aja. Waktu masukin lamaran kok nama Perusahaan nya beda bukan PT. MANDIRI EXPRESS tapi PT.MANDRI CIPTA HARMONI perasaanku udah gaenak yaudah gapapa tak masukin, setelah dapet panggilan kok tempatnya buka seperti logistik atau apalah tapi kantoran dan banyak suara jerit jerit ga jelas, sudah kuduga ini bukan perusahaan logistik. Baru disodorin kertas interview aku tinggal pulang. Haha
    Makasih gan infonya aku telat buka blog ini.

    BalasHapus
  74. di loker yang aku lamar namanya perusahaannya PT. Delta Raya Holding Company Grup gan, tp pas di googling gak ada. Ini kok aneh udah PT tp gak ada infonya satupun di google. Terus liat google map, di google map alamat itu dipake sama si MACHO grup. Nah pas googling tentang tu MACHO ktemu ni blog. makasih loh gan infonya. Hampir saya bela-belain dari jauh bwt interview sama ni MACHO. oh iya, sms dari si MACHO emang aneh gan. Masa' tes interviewnya dari jam 08.00 sampe jam 16.00. wih gila, td pertama liat smsnya sampe mikir ini interview model pa lama bgt. tp setelah baca ini saya jd tau alasannya kenapa kok lama bgt, lha wong jd sales :D :D :D

    BalasHapus
  75. Ane bru sja nglamar di pt ini, liat lokernya d internet stelah dtang ke kntor aslinya nmnya beda sma d kantor asli d situ prsaan ane mulai ga enak stelah ane cari info tentang prusahaan ini trnyata bnr bnyak kejanggalan dri komen" teman" untung ane bru nyimpen lmran aja slnjutnya ane ogah dtang lgi

    BalasHapus
  76. Anjayyyy kenaa tipuuuuuuu, btw makasih infonya temen2. Berkat lu semua gw udah positif resign dari tu PT. Dari pas ngelamar aja udah janggal nih ati, eh nyatanya bener feeling gw. 1 minggu setelah nganter surat lamaran eh ada panggilan Interview, Interview nya aneh2 jg, kan gw ngelamar bag. Gudang tuh tapi ga pernah dijelasin dimana gudangnya, gimana kerjanya. Hari ini hari ke-2 di PT. Mandiri Group Cab. Banjarmasin (maaf nih kesebut wkwk) untungnya sblm gw turun kerja hari ini gw dpt Hidayah dari artikel elu Bang. Thanks bang.

    BalasHapus
  77. kena jebakan betmen kah bro??😂😂

    BalasHapus
  78. Sya kurang lebih 10 blan kerja di pt ini, tpi ad beberapa hal yg sya gk bisa terima...
    1. Tidak ad tanggung jawab apabila ad yg kehilangan di kantor,
    2. Di paksa Lebih mementingkan jualan (nyeles) dri pada keluarga.
    3. Apabila sakit, tidak ad sedikitpun tanggung jwab dari Pt ini.
    4. Dimaki, dicaci, dn direndahkn low gk bisa jualan (nyeles).
    5. Dan masih bnyak lagi yg lain, yg negatif dari Pt ini...

    BalasHapus
  79. Banyak yg pengaruh niih,mungkin salah. Klo di selami lbih jauh.
    Satu binaan kerja,
    Dua jadi pengusaha.
    Yg tiga jadi artis.
    Smata mata punya nilai. Cuba di selami sy sdh tiga taun terbantukan.

    BalasHapus
  80. Terbantukan sengsara kali ah..wkwkwkwkwk

    BalasHapus
  81. Selamat pagi saudara Fatkur test dan interview akan segera dimulai, dimohon untuk datang, terima kasih
    Salam mandiri tbk. Ny boss baru dpt sms tpi stelah lihat blog ini. G jadi brangkat ane. Thanks ya . Sudah ksih tau pt. Abal" ini

    BalasHapus
  82. Sekarang pt macho nipu nya ganti nama pt maha jaya ekspres 🤣🤣

    BalasHapus
  83. Di semarang PT MG INDONESIA. Tadi mau tes tulis. Stalah liat postingan ini gk jadi langsung pulang.
    TKS...

    BalasHapus
  84. Pt. Penipu fuck tbk bagus tuh nama aslinya.. kemaren kena jebakan kyak gini hari ini kena jebkan dgn hal yg ga jauh beda.. Alhamdulillah keraguan dan kecurigaan ane membuahkan hasil yg baik cmn 1 liat cara kerjanya dan ane pikir2 ini penipu dan langsung ane keluar Alhmdulillah bebas rasanya.. tapi yg ane sedihin teman ane udh kena jebakan dan udh traning 1 bln masih itu2 juga .. pengen nangis semoga tmn ane dpt perlindungan ma Allah

    BalasHapus
  85. Sial ... Sy barusan jg kena tipu .,

    BalasHapus
  86. Terima kasih buat artikel nya menarik tuk di baca .
    Baru 1 hari test 1 hari training . Alhasil saya merasa tertipu .
    Kalo saya di janjikan bisa jadi manager dalam 6 bulan kedepan . Dan akan dimodali buat buka usaha .
    Lumayan 3-11 jt / minggu .

    Terima kasih semua sudah menyadarkan saya . Saya barusan tau nama pt nya . Dan langsung saya search

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan saya akan keluar dari pt penipuan tersebut .

      Hapus
  87. Bagus sebenarnya kalau mereka mau jujur dalam perekrutan.
    Berbagi pengalamanpengalaman, bnyak ilmu yg saya dapat tentang kepemimpinan. Tp ttep aja dri awal udah ada nilai minusnya. Jadi hri ini saya barusan resain. DuaDua bulan cukup kok untuk menimba ilmu disitu. Ilmu positif maksudnya, bukan nipunya...

    BalasHapus
  88. Ya saya juga dapet ngelamar disini, hari pertama saya disuru observasi lapangan menawarkan barangbarang gratis, persis seperti itu! Dan esok hari nya saya diberi pembekalan yg dimana saya ditawari kerjaan sebagai management sdm dimana dalam penjelasan nya itu kita disuru menjadi sales tapi penyampaian nya seakan bukan sebagai sales! Ta!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hati" itu penipuan...mf anda d daerah mana ya ngelamar nya?

      Hapus
  89. Caranya keluar dari perusahaan itu bagaimana ?
    Saya baru hari pertama tadi dan skrang saya pengen pake banget keluar

    BalasHapus
    Balasan
    1. mending langsung keluar aja kayak saya dulu langsung kabur gk pakai izin .. soalnya itu perusahaan penipu .. dulu saya juga pernah kerja di situ pas nawarin product kartu pesona indonesia .. itupun pakai nama pemerintahan pula ..

      Hapus
  90. Itu perusahan paling gobl*k yg pnh gw lamar

    BalasHapus
  91. itu PT MCH - Yogyakarta yang di Jl. Godean kilometer 4 Yogyakarta (Ruko Gading Mas No 4B) bukan ya ?

    BalasHapus
  92. Bener sekali saya cuma dua bulan disitu baru saja keluar bulan juli 2018 kemarin awalnya sih memang menggiurkan iming'' nya dan seorang vice presiden nya pak eben ezer maha namanya itu sih memang sukses, saya tahu itu dan jabatan manager yg ditawarkan juga itu memang benar tetapi ada target tertentu yg harus dipenuhi..karena saya sudah pernah ikut diacara hut perusahaan macho Indonesia ini atau MG GROUP, disebut pt macho karena itu kepanjangan dari macho(mandiri cipta harmoni) kantor pusat nya di surabaya tepat nya di jln panjang jiwo saya Mengalami hal yg aneh ketika saya pindah kantor...karena disini harus siap pindah kantor dimanapun tempatnya dari kota kekota bahkan di luar pulau awalnya saya disini luarbiasa saya bisa menjual produk yg dimiliki perusahaan ini cukup banyak katanya sih gk dijual tp koq ditawarkan....dan cara menjual barang ini memang cukup memikat konsumen produk itu ditawarkan harga asli jutaan rupiah tetapi cara membuat konsumen terpikat adalah produk itu katanya promo dan dikasih gratis.... Bayangkan siapa yg nghk mau coba kalau dengar gratis, tetapi ujung'' nya di suruh mengganti ongkos kirim saja cuma 300rb biasanya, padahal itulah yg memang benar harganya cuma 300rb dan kalau nggk bisa menjual sama sekali dalam sehari atau biasa disebut zero di situ itu kena marah habis'' sama manager nya, setiap kantor nggk cuma ada 1 manager tetapi 2-3 manager dan memiliki anak buah sendiri'' , disini memang disebut kan ada gaji tetapi nyatanya nggk ada gaji ketika saya tanya gaji saya, dari gaji awal saya 1,5 jt pas waktu tanggal gajian kq cuma 1jt itupun nggk boleh diambil semua harus sebagian saja dan nggk bisa diambil gajinya kalau belum bisa menjual minimal 3 produk yg dimiliki perusahaan tersebut dalam sehari...waktu itu saya bisa menjual 1 produk tetapi saya tanya gaji lagi, mau dikasih besok.. Tetapi besok saya tanya besok lagi sampai lima hari itu besok terus. Lalu saya memutuskan untuk kabur dari perusahaan tersebut, kalau anda mau mengundurkan diri pasti anda ditahan dan tidak boleh mengundurkan diri malah akan diketati sama babe (panggilan manager laki'') jadi itu pengalaman saya kerja di pt mandiri cipta harmoni atau MACHO GRUP dan ini nyata

    BalasHapus
  93. Aku baru aja kabur dari trainingnya, wkwk

    BalasHapus
  94. ini PT MACHO GROUP (MG) Emang ga jelas masa saya ngelamar posisi receptionist disuruh observasi ya sekali dua kali wajar ini udah 4x dan setlah itu saya iseng2 searching eh ketemu ini blog btw makasih ya , diperusahaan ini ambil hikmahnya aja lumayan dapat ilmu , observasi door to door dibenak saya terpikir sales ketika ngomong soal sales si mba MT marah yanamanya ngga sengaja , hari pertama menjelaskan visi dan misi perusahaan bagus sih saya pun ber5 yang dsruh kekantor untuk mengetahui lebih jauh pun diberikan materi yang waw sangat untuk nipu org dan kamipun ber5 pd hari pertama dsruh dtg jam 07:00-12:00 abis makan siang disuruh pulang istirahat .
    hari kedua saya sempat bingung kemana temen saya yang ber4 td engga datang kekantor PT MG dan sayapun beberapakiran positif kali aja mereka ketiduran eh setlah makann siang sayapun diajak MT observasi ketmpat2 yang rame penduduk lansianya dan mulailah menawarkn produk2 kesehatann contohnya kalung dan gelang hari pertama sukses menjual 2 dari produk yang dikasih perusahaan tersebut tapi saya ga dksih apa ga ngarep juga sih namanya training pkir positif aja , setlah hari ke-3 sayapun disuruh observasi lagi berpikir positif lagi dan setlah hari ke-4 udh banyak yang mengganjal ya coba2 searching digoogle ketemu ini blog alhamdulillah , buru2dah saya minta anterin pulang sama MT nya krna tempat observasi jauh dari rumah dgn alasan ngga cocok dan sayapun sadar cmiw

    BalasHapus
  95. Hari ini saya juga masukin lamaran di perusahaan ini. Saya juga liat lowongannya di koran dan saya melamar sebagai admin. Sy selalu browsing ttg perusahaan yg sy lamar tp kali ini hasilnya nihil dan ktemunya selalu MACHO dll. Di koran, nama perusahannya itu PT. Dewata Express. Saat saya sampai di rukonya, saya bingung kenapa nama perusahaan yg terpampang di pintu tidak sama dengan yang ada di koran padahal alamatnya berul. Sampe saya lanjut lagi cariin rukonya krn masih ragu, dan trnyta memang benar prusahaan itu yg mau saya kirimi lamaran. Lalu saya tanya resepsionisnya, "mbak ini betul PT. Dewata Express". Mbak itu mengiyakan. Lalu saya tanya lagi, "kok namanya yg di pintu beda sama yg di koran?" Si mbak itu bilang "oh iya mbak kami sedang buka cabang baru. Yg disini ini cababg pusat". Saya pun prcaya danmenyerahkan lamaran lalu mbak itu bilang sy interview besok. Stlh sampai di rumah sy kembali browsing tentang perusahaan itu dan knp ketemunya selalu namanya PT MACHO dan sejenisnya. Alhamdulillah Allah memberikan saya petunjuk lewat blog ini dan merasa senasib dengan penulis dan komentar2 yg tercurah di sini, hanya saja sy lebih beruntung krn tahu lebih dulu sblm ikut proses interview abal2.

    BalasHapus
  96. Ini sama gak sih dengan PT MANDIRI CIPTA TBK?

    BalasHapus
  97. Soalnya gw baru aja dapet info ni, kalo beda boleh lah ya di coba wkwk

    BalasHapus
  98. Barusan liat info lowongan dari perusahaan yg bersangkutan, dan *jeng *jeng.. setelah search track record perusahaan alhasil tergiring ke blog ini. Terimakasih buat siapapun yg sudah susah payah senam jari buat nulis postingan ini. sumpah, ini membantu banget..

    BalasHapus
  99. Sya juga dpat infonya tpi nama ptnya itu pt. Mg indonesia, eh setelah di kasi kuisioner atau lembar untuk interviewnya malah nama pt. Mandiri cipta harmoni. Walahhh,, terima kasih ya postingan nya sangat mmbantu

    BalasHapus
  100. Adek ku udah tercuci otaknya �������� malah gk terima kalo dibilang perusahaan itu gk bagus

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang siapa nama adik kamu, suruh keluar sja, sya juga baru keluar, saya sudah tertipu di perusahaan gk jelas itu

      Hapus
  101. Alhamdulillah masnya bikin artikel ini
    Awalnya pas masuk ruangan buat tes tulis n intrvew saya udah ragu
    Denger di ruang sebelah banyak yg nyanyi² kaya anak sekolah pas lagi mentorin sama guru bimbingan gitu
    Pas abis tes tulis aku n temenku yg nglamar itu mau diajak tes lapangan
    Ya brhubung hati saya gk srek, saya n tmen yg baru kenal itu alasan kalo ada acara jd gk bisa ikut tes lapangan hari ini
    .
    Dan akhirnya aku browsing² ketemu artikel ini
    Critanya mas yg punya bloger ini aku alamin tadi
    Tapi aku lom sampe ikut tes lapangan hehe
    .
    Makasih infonya gan

    BalasHapus
  102. apa yang dikatakan admin benar. saya awal waktu jadwal tes interview paginya suruh ngisi data dll. tapi saya curiga dibilang kantor tapi rumah dan nggak ada apa apa. dan saya dengar cuma nyanyi nyanyi aja. batin saya "kerja apaan kayak gini" habis itu saya diajak tugas lapangan ebagai salah satu tes. sampai jam 4 sore door to door. cewek bro mana makan cuma dikasih pagi doang. siang sholat aja jam setengah 2. yaallah. trus interview. dan keterima bilang besok masuk jam 7. setelah itu karna emang udah curiga dari awal nyampe rumah baru nyambung wifi langsung googling. bener dong kecurugaan saya kalau itu MLM bodo amat dah besok nggak berangkat dan semua nomer mereka saya blokir. 😐😐😐 dikira bodoh kali ya. saya jawab ngasal keterima. disuruh isi test saya malah minta jawaban ke orangnya masih keterima. dengan banyaknya blog yang memberitahukan kayak gini semoga dapat memberitahu orang orang agar tidak tertipu

    BalasHapus
  103. Iya bener banget itu sudah buka cabang di Probolinggo nama PT Mandiri Cipta tbk, wow tbk dong gua tertarik langsung dh k lokasi ehhhh ternyata kantornya sama persis yg agan" beritahu, kantor seperti rumah and gak ada pc padahal ada loker admin.setelah itu gua lihat disekitar Dan ternyata nama PT berubah menjadi PT MG indonesia. Wowowow kayak power ranger aja. Selamat datang di Indonesiahhhhhhh.
    Kalau mau berlatih komunikasi sangat cocok disana.

    BalasHapus
  104. Nama PT nya PT. MANDIRI GROUP SIDOARJO BUKAN?

    BalasHapus
  105. Ternyata banyak juga yg kena jebakan.. Saya kira saya sendiri yang terkena jebakan betmen.. Awalnya senang karena udah keterima... Eh temen nyuruh cari info perusahaannya di google. Ketemu blog ini.. Terus besoknya pas training bener... Semuanya sesuai sama yg ada di blog ini... 2 hari kerja.. Besoknya langsung g dateng lagi

    BalasHapus
  106. Halo min... Semuanya...
    aku jg ad pengalaman ni soal bang MACHO di Palembang, dikit si...
    aku nglamar sbgai SPV...
    Wktu itu PT. ny bernama PT. MG Center HMMG, saya search tp ga nemu,, gak ada.
    Bsokny aku dteng, ujan2... Jam stengah8, smngat tuh..
    Cuma ditanya ala kadarnya,, tes tertulisny n lainnya jg simpel2... Aku liat di skitar ada tulisan macho majalah macho, Awalny aku dgn cwok,tp trus ditinggalin,lalu brganti cwek, seksi banget tampilanny, atas besar, bawah besar, waduh,, penggoda nih, mana nada bicarany manja2 gitu,
    Yg buat feeling ga enak tes ny simpel, trus bnyak anak2 kluar turun dr atas brisik, lalu mreka pergi ke jalan... Ada yg brmotor, ad yg jlan kaki, mreka menyalami aku slamat pagi, yg cewek sperti menggoda, "hai.. Pagi.. Aku tika kamu siapa namanya..?"
    Stelah itu cwok yg diawal dteng lagi dan bilang "kita dsini butuh staff dan manager traine" lalu saya dsuruh pulang jam stengah10an, lalu bsokny aku dsuruh dteng lg jam stengah8 smpe jam5 katanya, dan bsok itu hari ini...
    Hari ini aku ntah knp ad rasa ga enak buat lanjut, udah rapi, tinggal pergi,
    Ngidupin vespa ga idup2, aku jd tambah males, (kayakny vespa aku jg pny rasa yg sama)
    Jam 8an baru idup tu vespa,
    Ya aku uda ga mood, jam ny jg uda lewat,
    Lalu aku search bang MACHO, nemu artikel ini, yauda deh,,
    Pas...
    SPV emng ga ada dan ga akan pernah ada,
    Budag2 yg sperti dsebutkan jg emng kliling berjalan...
    Dan aku bakal gabung sm mreka klo dteng dr pagi smpe sore sprti yg dijadwalkan,
    Trimakasih Vespaku, aku bangga padamu,,,
    N nice info ny gan

    BalasHapus
  107. Terima kasih informasinya agan.. Saya td juga tes di MACHO.. Pas saya lagi tes terdengar dari atas orang teriak2 nyanyi gak karuan.. Dan saya pun heran.. Saya tanyakan kepada petugas yang ada di bawah.. Katanya ada meeting.. Meeting apaan teriak2.. Perusahaan ngaur nih..

    BalasHapus
  108. Sama persis lah.jd cuma kasih info aja
    Lamar tngal 19 02 2019 trus 20 02 2019 interview dan jd sales gtu.
    Esok hari 21 02 2019 aku gk datang.
    Ini di purworejo di jln agus salim no 3.
    Cwenya si cntik yg jd konsultn tp itu mulutnya penuh kebohongan bwt dpet duit.
    Oke hati2 dan waspada.

    BalasHapus
  109. Njiir postingan nya sangat sama persis dengan MG grup di tempat kerja gw sekarang. Awal ceritanya setelah surat lamaran gw diterima dengan pakaian putih bersih dan memakai sepatu kantoran gw langsung pergi ke kantor tempat interview pukul 08.30 setelah sampai dikantornya gw disuruh mengisi formulir dan beberapa soal setelah itu di wawancara dan disuruh mengikuti test dilapangan alasan nya lanjutan dari tes psikotest, gw disuruh nemenin karyawan nya pergi ke komplek perumahan memakai motor gw sendiri setelah gw dan karyawan nya sampai dikomplek ternyata gw disuruh ikut door to door kerumah orang-orang untuk promoin produk sabuk kesehatan. Gw yg gak tau apa apa ya cuma ditugas kan observasi dan menulis garis 1 jika berhasil intro pengenalan diri ke orang dan garis 1 lagi disampingnya jika berhasil mengenalkan produk sampai selesai. Gw panas panas muter muter komplek door to door kerumah orang sampai sepatu gw jebol (bgst!!) Namun salah satu warga dari komplek tersebut dengan baik hati ngasih gw sandal :') . Setelah pukul 16.00 gw balik ke kantor dan di wawancara lagi sebentar akhirnya di umumkan kalau gw lulus (alhamdulillah meski sepatu jebol gak papa asal gw di terima kerja) besok gw disuruh ikut training selama 7hari setelah selesai training gw bisa menjadi pegawai tapi kontrak :'). Ke esokannya dihari pertama gw ikut training , gw datang pukul 07.00 , pertama masuk gw di suruh joget-joget dan nyanyi bareng karyawan yg lain dan manager. lalu setelah itu perkenalan dan dikasih materi 5 langkah komunikasi. Setelah mencatat materi gw disuruh ikut manager nya keliling komplek lagi dan door to door. Tugas gw di suruh observasi dan mencoba intro agar di bolehin masuk kerumah korban (pelanggan) gw mulai door to door dari pukul 10.00 - 16.00 , Jm 12 gw disuruh sholat dan di ajak makan. Setelah pukul 16.00 akhirnya gw balik lagi ke kantor dan dikasih materi lagi sampai pukul 17.30 akhirnya gw di bolehin pulang ,meskipun manager nya kelihatan baik dengan ngasih makan siang dan pukul 17.00 di beliin bakso saya rasa wajar karena gw sudah ikut keliling komplek memakai motor sendiri dan juga jarak dari komplek ke kantor 20.2 KM dan juga karyawan nya bonceng gw (-_-), gw kerja mulai dari jm 07.00 - 17.30 dan waktu mau pulang cuma dikasih upah Rp10.000 bayangin aja gak sebanding buat biaya bensin yg keluar (astaghfirullah ini jelas jelas penipuan) terutama buat yg masih freesh graduate dan belum punya pengalaman kerja jangan gampang tergiur dengan info loker meskipun info lokernya dari kantor pos. Perlu pelajari dulu perusahaan nya dan teliti melihat situasi kantor tempat kerja nya.

    BalasHapus
  110. Empat tahun sudah semenjak saya menerbitkan tulisan ini, dan dalam beberapa hari terakhir akun Facebook saya menerima pesan dari orang² yang merasa bahwa tulisan saya ini tidak benar dan meminta untuk menghapusnya. Well, saya tidak mempermasalahkan, orang² boleh dan bebas berpendapat begitupun dengan saya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan takut sampaikan kebenaran broo!!
      #KamuGakSendirian

      Hapus
    2. Bikin IG'nya sekalian aja bro exMachoGroup
      kasian yg beneran cari kerja biar ga pada kena tipu

      Hapus
  111. Rabu 20 Maret 2019, saya di panggil untuk psikotes dan interview di PT Maha Group area Jombang, awal mula dpet info dr Instagram, pas sya search nama prshaannya adanya distributor gas LPG, dstu sya sdh galau apa ia itu prshaannya apalagi jbtn yg dbtuhkan bnyk tp knp kualifikasi sama. Akhrnya sya dteng aja tuh k alamat yg ada. pas smpai sana dibilang nama prshaannya PT. Mandiri Cipta Harmoni. Sya dftr sbgai Spv dan ya btul skli sprti komen" sblmnya, sya ditugasi d lapangan. Stlh seharian keliling kampung sorenya balik, di interview sbntr dan dibilang sya diterima. Sya suruh balik lg besok jm7 untuk training. Perjalanan dr rumah krg lbh setengah jam, uda sore ujan, smpe rmh kekepoan saya mkin besar, akhirnya sya ketik lg nama prshaannya, dan munfulnya postingan ini. Seketika pengen nangis, fix bsok ga kesana

    BalasHapus
  112. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  113. Hati-hati perusahaan ini sudah tersebar di berbagai kota. Lokasi saya di lamongan. Ngakunya mereka baru buka cabang jadi saya cukup penasaran .saya dan temen saya habis mengikuti training di perusahaan tersebut. Ceritanya juga sama seperti yang kalian bilang. Awalnya saya penasaran dengan PT.MG indonesia. Saya ikuti alurnya kemudian saya gak sengaja baca buku2 majalah yg ada dikantor tersebut bahwa MG indonesia ini bisa juga di sebut mandiri Cipta harmoni (Macho) setelah itu saya searching ternyata nemu blog ini yang menceritakan semua kejadian yang juga saya alami. Setelah training hari pertama saya memutuskan untuk keluar. Trmksh informasinya sangat membantu

    BalasHapus
  114. Sama.. Jadi korban pt maha group namanya kalau di lamongan,saya kira di lamongan tidak ada penipuan, ternyata sama saja
    Untuk warga lamongan hati-hati ya

    BalasHapus
  115. Sama.. Jadi korban pt maha group namanya kalau di lamongan,saya kira di lamongan tidak ada penipuan, ternyata sama saja
    Untuk warga lamongan hati-hati ya

    BalasHapus
  116. Waw.. Terimakasih informasinya kaka2

    BalasHapus
  117. setahun lalu aku pernah di pt macho cabang palembang. disuruh dor to dor di daerah yg dibilang pinggiran kota, mereka ngaku nya sih mahasiswi poltekes. di hari ke2 saya gak datang karna perpisahan sekolah, di hari itu pun saya di telpon nya beberapa kali padahal udah ijin katanya di tunggu sampai jam 1 siang kalo gak bakal di blacklist ya saya tetep gak datang besok nya di telpon beberapa kali jg sampai ada kali 2 minggu ddi ancem kalo gak datang. pdkt mereka sih bisa dibilang pandai. ya makan di bayari wkwk ditanya yg gak ada hubungannya sm sekali dgn pekerjaan kayak pertanyaan pribadi gitu.

    BalasHapus
  118. Saya barusan juga jadi korban. Joget" ga jelas gitu

    BalasHapus
  119. Saran saya sih jangan udah. Nyesel. Saya bela"in kehilangan beasiswa kuliah. Ternyata kena tipu. Nyesel banget

    BalasHapus
  120. Saya sebagai MD salah satu MT di perusahaan MACHO, MANDIRI GROUP, MEDICAL PSHIO TERAPY ATAU APALAH ITU.. MENYATAKAN JANGAN DAFTAR KERJA DI MACHO GROUP!!!
    WHY?? IT'S SIMPLE.. YANG DIKATAKAN ADMIN ITU BENAR SEMUA DAN SAYA MERASAKAN BETAPA MANISNYA MULUT PENUH PEMBOHONG PARA BUDAK" TERSEBUT, DAN BODOHNYA SAYA DENGAN KEPOLOSAN INI.. OLEH SEBAB ITU, SAYA MEREKOMENDASIKAN UNTUK TEMAN" SEKALIAN, JANGAN SAMPAI MELAMAR DI MACHO GROUP.. BENAR" HANYA MEMBAWA PENYESALAN.. JADI JANGAN SAMPAI SAMA SEPERTI SAYA..

    BalasHapus
  121. Exited yes wkwkwk joged joged yukkk guyssss ;-) habis itu langsung makan dulu setelah itu dor to dor ya padahal ambilnya di staff gudang atau admin ya guys wkwkwkwk

    BalasHapus
  122. Terimakasih krna dg adnya artikel ini.. hri ini baru saya pulang dri pt.mg ini untuk msuk hri prtma kerja, eh trnyata malah nyanyi" joget" gak jelas.. Krna merasa aneh saya cri lbih dalam tntng MG ini..

    BalasHapus