Kamis, 26 Februari 2015

di(KERJA)in PT. MANDIRI CIPTA HARMONI (MACHO)



Segera mendapat pekerjaan dan memiliki penghasilan sendiri adalah dambaan setiap job seeker, termasuk juga dengan gua dan inilah pengalaman gua ketika di(kerja)in di PT. CIPTA HARMONI (MACHO).

Gua memperoleh informasi tentang perusahaan ini ketika gua melihat² lowongan yang terpampang di papan informasi di kantor pos pusat. Perhatian gua berhenti ketika melihat lowongan ini. Job yang ditawarkan sesuai dengan apa yang gua cari, selain itu semua syarat bisa gua penuhi.

Gua hanya 1½ hari bergabung dengan perusahaan ini. Dimulai dari tanggal 24 sampai 25 Februari 2015. Gua melamar posisi sebagai Administrasi tapi gua gag bisa langsung merasakan posisi tersebut. Kenapa? It's just a simple answer, posisi itu memang tidak pernah ada. Gua malah diarahkan untuk masuk di Management Trainee (MT). Rasa penasaran adalah alasan kenapa gua masih tetap bersedia untuk bergabung dengan perusahan ini, dan rasa penasaran ini mulai terkuak sedikit demi sedikit. Perusahaan ini berorientasi untuk menciptakan manager² muda baru yang ujung²nya pasti menjadi manager marketing. Dari 8 orang pelamar yang datang hari itu, gua yakin semua memiliki tujuan yang sama yakni ingin menempati posisi yang mereka minati tentunya seperti Admin, Gudang, SPV, dll. Tapi gua yakin seyakin  air laut itu memang asin bahwa posisi² tersebut tidaklah pernah ada.

Persepsi awal gua tentang perusahaan ini sebenarnya cukup positif. Gua yakin jika semua perusahaan menerapkan sistem yang dijalankan PT. MACHO ini, sistem marketing perusahaan pasti akan sangat fantastis. Namun ya itu, sangat disayangkan, betapapun baiknya sistem perusahaan jika kejujuran tidaklah ada itu sama saja dengan omong kosong. Semua orang diiming-imingi dengan posisi dan gaji tinggi, but trust me impian itu tidak akan pernah terwujud. Kebohongan yang budak² (gua lebih suka menyebutkan istilah "karyawan" dengan sebutan "budak") antara lain :
  • Ketika gua menanyakan kenapa harus observasi kelapangan padahal posisi yang gua lamar sebagai Admin. Entah apa hubungannya. Consultant gua cuman menjawab jika semua posisi memang harus merasakan dulu yang namanya observasi lapangan. Fine, untuk penjelasan awal gua terima semua jawaban itu. Sesampai dilapangan, tidak jauh panggang dari api. Ini memang sales! Kami semua  door to door mulai dari sekolahan sampai ke pasar² menawarkan produk sandal refleksiologi BlueID. Modus awal adalah dengan mengaku-ngaku sebagai mahasiswa PKL dari POLTEKES yang mendapat amanat (cie lagaknya sok banget ngaku² mahasiswa) dari Rumah Sakit pusat untuk mensosialisasikan alat kesehatan. Tidak luput juga dengan menjelaskan bahwa akan diadakan seminar tanggal sekian di RS tertentu, padahal semua itu hanya omong kosong (lagi). Gua yang hanya menjadi pemerhati kala itu cuman bisa memandang dengan ekpresi datar, padahal pikiran gua ngakak abis. That's was so funny man when see them offering that fucking product.
  • Gratis! Ya itu adalah senjata andalan. Budak² itu mengaku jika alat ini adalah gratis. Bahkan parahnya, budak² itu mengatakan kalau alat kesehatan ini adalah subsidi dari pemerintah sehingga bisa gratis. Fuck banget gag tuh.
  • Halalkan segala kata. Gua rasa itu adalah motto budak² itu.
  • Semua budak diwajibkan untuk datang mulai dari jam tujuh pagi sampai jam lima sore. Sebenarnya mereka nyari karyawan manusia apa robot? Hahaha...gag peduli mau tanggal merah kek, mau ada tsunami kek, yang penting para budak itu tetap harus bekerja agar target perusahaan bisa bisa tercapai.
  • Para budak itu sangat handal dalam hal pendekatan terhadap anak² baru. Cara bicara mereka, cara mereka mengambil hati para anak baru sungguh sangat manis. Untuk yang satu ini gua acungin jempol, setidaknya gua bisa dapat trik² dalam hal PDKT. Siapa tahu trik² itu manjur kalau gua mau nembak cewek nantinya. Hahahaha....
Jreng...jreng....jadi inilah kesimpulannya :

PT.MACHO akan selalu memasang iklan lowongan kerja ini dengan berbagai macam posisi (yang sebenarnya tidak pernah ada) yang sangat menggiurkan (awas iler lo keluar tuh). Satu-satunya posisi yang ada hanyalah Management Trainee (MT).

Tulisan gua ini bukan bermaksud untuk mencemarkan nama tertentu (padahal memang sudah tercemar) Gua cuman sharing atas apa yang sudah gua alami dengan PT. MACHO ini. Gua cuman gag mau adalagi yang masuk jebakan betmen menjadi Sales produk kesehatan yang gag jelas (segag jelas hubungan percintaan gua, apa sih) apa dan bagaimanya itu, tapi kalau lo, lo, dan lo pada masih mau mencoba dan merasa cocok dengan perusahaan itu silahkan dicoba. Gua gag berniat menutup pintu rezki atau apapun itu. Buat gua pribadi, gag deh sama perusahaan absurb kayak gini. Hahaha... Gua menceritakan hal ini, semata-mata hanya ingin berbagi pengalaman saja. Sekian dulu, salam worka holic.


Padang, Sumatera Barat


***

247 komentar:

  1. udah berapa hari kerja disitu bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuman 1 ½ hari doang. Itupun gah kerja namanya, cuman training :)

      Hapus
    2. Yg di katakan admin itu beneran kx? Fuck but Macho yg udh ajarin kita bohong, semoga kedepannya kantor2 macho lainmya sgera bngkrut. .amin

      Hapus
    3. Numpang share pengalaman mas/mbak.
      Yg dikatakan admin seluruhnya adalah BENAR. dan saya menjadi salah satu korbannya. Awalnya perusahaan ini di info loker mengatasnamakan diri sebagai PT. Maha Grup, dan yg kalau disearching di google itu adalah perusahaan distributor gas elpiji, AMDK. Well sampek disini aku percaya. Akhirnya aku naruh lamaran disitu sebagai admin (menurut info loker yg dibutuhkan itu Supervisor, admin, staf gudang, dll) , eh langsung besoknya suruh interview, siapa yg ga seneng coba. Besoknya aku dateng niat untuk interview dengan berpakaian rapi dan sepatu fantofel hak lumayan tinggi dan dengan PD aku datang. HRD menjelaskan bahwa hari itu tes ada 3 tahap yakni tes kepribadian, tes tulis, dan interview, dan langsung diumumkan diterima gaknya. But yg aku bingung, tes kepribadian ini dilakukan di lapangan, mulai bingung ga tuh. Tapi aku masih berpikir positif. hrd menjalankan bahwa tes kepribadian diadakan mulai jam 10 hingga jam 4 sore. What?!! Aku ikuti aja alurnya dan benar saja dugaanku, SALES, itu lah yg terjadi sebenarnya.
      Di lapangan kita disuruh merhatikan apa yg dilakukan tentor. Door to door ngetuk2 rumah kayak orang, pasang wajah dan perkataab sok ramah tapi bikin enek, modusnya sama bilang bakal ada seminar kesehatan, alat yg dijual itu subsidi dari pemerintah makanya harganya lebih murah, dll. Niat hati aku ingin pulang, tapi gimana aku ga punya akses untuk pulang karena aku ke desa itu boncengan sama tentor. Di lapangan aku kehujanan, kepanasan, kaki lecet gara2 jalan pakai septu hak tinggi.
      Kembali kr kantor sekitar jam 5, langsung diinterview HRD dab dikatakan aku diterima di bagian SPV dengan syarat menjalani training dulu sekitar seminggu hingga 1bulan. Well aku bukan orang bodoh yg mudah tertipu.
      Perusahaan ini awalnya mengatasnamakan dirinya sbg PT Maha Grup tapi yg sebenarnya PT Mandiri Cipta Harmoni. Jangan sampai ketipu kayak aku gengs. Lebih teliti kalau ada info loker. Makasi admin atas share pengalamannya.

      Hapus
    4. Mbak, apa info ini benar?
      Salah satu cabangnya di kebonsari kulon Probolinggo?

      Hapus
  2. Hanya orang" yg gagal d perusahaan macho yg ngomong kayak gitu.. Baru aja retrain hari pertama udah sok tau --"

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku memang baru sehari tapi yg jelas perusahaan macho mengawali dengan kebohongan (kalau di loker pt. mandiri adiputra dan pada kenyataanya namanya pt.cipta harmoni)sesuatu yang sudah diawali kebohongan pasti tidak baik.

      Hapus
    2. Semoga sukses dan bisa kayak dengan PT. MACHO nya :)

      Hapus
    3. memang perusahaan nipu itu,, dulu sekitar tahun 2013 saya pernah masuk sana.. ceritanya mirip bgt kyk agan.. omongan managernya terlalu muluk2 bgt,, setiap pagi nyanyi2 n joget2 kyk orang gila. cuma bertahan 3 hari krn prusahaan itu aneh. gak ada papan nama, gak ada ijin yg tertera dan menyimpang.. untung saya cepet sadar dan segera keluar.

      Hapus
    4. Apakah anda yakin . Gagal jika keluar dari pt mandiri cipta harmoni ??? Saya bekerja disitu ketika baru lulus dri sma
      Bodohnya, karna masih polosnya percaya aja , sebulan bekerja cuma d gaji 300 ribu mana ckup dan ngak masuk akal

      Usut punya usut masalahnya karna produk yg saya jual hanya 3 pcs per bulan itu

      Jgan tanya alasan tahan . Mau cari pengalaman aja karna baru lulus

      Setelah keluar darisana saya malah bersyukur anda tahu yang anda iming iming itu adalah sebuah kebohongan

      Berbicara tentang mahasiswa lah apalah
      Mau mengadakan seminar lah
      Bertobatlah ibu dian nurcahyo itu semua adalah kesalahan

      Hapus
    5. anda yakin nurcahyo??hahahahahaah anda skg sudah tidak berdiri di macho juga..saya paling tau bagaimana kerja kalian,,

      Hapus
    6. dulu gua kerja di Pt.harmoni atau di kenal dngan sebutan macho groub,apa yg di katakan admin benar semua,perusahaan ini hanya mengajarkan budak" nya berbuat dosa setiap hari nya dengan cara berbohong kesemua orang dan parah nya lagi kita mao sholat pun dilarang,pas gua mengundurkan diri gua di katain akan menyesal keluar dari perusahaan ini,hahaha gua merasa lebih menyesal lagi kalo gua masih bertahan di perusahaan itu,

      Hapus
    7. Dian Nurcahyo, Nama ente bagus, Tapi ente tidak tau berapa banyak yang udah kalian bohongi, kalau dari awal sudah membodohi masyarakat yan mau dibilang apalagi mas, seng penteng masnya urusi dunia dan akhirat mas, kami urusi dunia akhirat kami. selesaikan. tapi saran saya banyak2 minum air putih habis itu air putihnya di Al-fatehain dulu mas dian.

      Hapus
    8. Emang perusahaan nipu kok, kalau gak nipu ngapain buat loker di banyak posisi tapi semua dialihkan menjadi sales? Perusahaan kok cuma isi komputer 1 lt 2 buat joged, nyarik staff gudang tapi gak punya gudang

      Hapus
    9. TPI ko saya lihat tiap hari itu lowongan ada terus, dan ko ga tutup" kalo perusahaan penipuan km biasanya setau saya pasti udh di tutup sama disnaker atau dinas terkait,,?
      Gmn itu gan

      Hapus
    10. Krna blm ada yg nyempetin lapor aja ke disnaker

      Hapus
    11. Mohon berikn ulasannya..
      Supaya kami faham siapa yg brbohong

      Hapus
    12. Bener nih kata admin, saya baru aja berenti gara2 merasa kayak "KENA TIPU", saya melihat loker ini di instagram lalu coba2 deh ngelamar jadi bagian gudang/inventory. Hari selasa nganter lamaran, hari rabunya interview hari kamisnya mulai training. Hari pertama saya mulai masuk PT.MG (MACHO) karyawan disana nyanyi2 joged2, jadi saya bingung "Nih perusahaan apa sih?" Yaudah, karna penasaran dicoba aja dulu. Eh, besoknya malah observasi lapangan "katanya" kan saya bingung ngelamar kerja bagian apa trainingnya kaya apa. Lah ujung2nya malah kaya sales, tapi pihak PT.MG bilang ini bukan sales tapi bagaimana cara memiliki jiwa seorang pemimpin, aneh kan? Nipunya mantep banget gitu😅

      Hapus
  3. Thanks banget tulisannya mas... Syukur ada artikel ini kalau engga saya ga bakalan tau nasib cewe saya gimana. Pas tau saya langsung suruh berhenti.
    Parah banget memang cewe disuruh kerja mulai jam 7 sampai jam 6 lewat! ga keterlaluan apa cewe disuruh kerja segitu?! dan juga masa baru training 2 hari si seniornya pake goda2 cewe saya segala dan berani beraninya bawa cewe saya jalan2 keluar kota kurang ajar banget!
    PT Mandiri Cipta Harmoni Penipu!

    Untuk yang lain sebaiknya berhati2... mereka ini melakukan apa saja demi menggapai keinginannya. Cewe saya udah bilang mau berhenti eh malah dipaksa2 jangan berhenti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, kalau udh kayak ini baha juga -_-

      Hapus
    2. Aku kemarin ngalami kejadian ini gan.. 😑

      Hapus
    3. Mbak Antika mayasari dapat loker PT MACHO darimana? Saya hanya mau bertanya, karna bsok senin saya ada undangan buat interview disana, thanks

      Hapus
    4. jangan sampe masuk situ,, temen ak masuk situ dr bulan kemaren sampe sekarang enggak ada kabar....temen cewek
      hati" ya para cewek

      Hapus
    5. Ini itu PT.MG yaa yg bergerak di bidang distribusi dan retail bukan? MG Itu macho group ya,baru tau saya. besuk ada panggilan interview di sana yg cabang Yogyakarta. Padahal baru tadi pagi kirm surat lamarannya,eh udah langsung dikasih tahu kalo besuk langsung interview.

      Hapus
    6. Mbk masukin di PT MG yg di ruko gadingmas godean bukan ?

      Hapus
  4. Saya pernah kerja disana selama 2 bulan , so hasil penjualan kita yg menentukan penghasilan . Laku 1 barang diharga 250 rb kita dapat 50 rb. Memang benar sistem sales meskipun mereka bilang kita ini bukan sales. Kadal dikadalin.

    BalasHapus
  5. Dan jujur saya disana bisa bertahan sampai 2 bulan bukan karena untuk mencari uang , tapi melakukan pengembangan diri dan untuk melihat sampai dimana batas kemampuan saya. Dan setelah itu alhamdulillah saya.diterima bekerja di sebuah perusahaan kontraktor sampai sekarang.

    BalasHapus
  6. Terimakasih buanyaakk gan.. ane juga dari awal2 udh agak curiga dgn perusahaan ini, gk ada test akademik cuman test interview yg simple2 trus besoknya keterima & langsung training di hari sabtu kemren. Ane ngelamar di posisi adm.keuangan, tp training nya ke lapangan kayak SALES DOOR TO DOOR. Trus di kantornya gk ada SATU pun KOMPUTER, di ruang manager nya pun kagak ada. Lucu kan?? WKWKWKWK
    Sekali lagi trma ksh banyak gaann :D:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak ada komputer tapi dilantai duanya arenya luas kan gan? Biar bisa leluasa joget²nya. Hahahahaha

      Hapus
  7. Saya setuju dengan mas penulis. Sy jg mundur teratur dr stu

    BalasHapus
  8. pengalaman yg sama. saya hanya bertahan sampai 2 hari training saja. bilang nya sih bukan sales. tapi jadi consultant. barang yg di bawa pun juga bukan dagangan tapi katanya hanya alat buat komunikasi. yang paling jengkel lagi adalah joget"nya. sumpah bikin gua capek lah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setidaknya ada sisi baik, jogetnya bikin badan bergerak lebih banyak dari biasanya :p

      Hapus
    2. Baru aja kemaren saya daftar sebagai cs hari pertama saya ikut turun ke perumahan door to door mana kaki pegel2 lagi hari kedua saya di suruh ontime jam 7 pagi tp saya g masuk krn malamnya saya sakit krn jalan dr jam 9 sampai jam 4 sore muteri komplek kaki langsung pegel, pas ak tanyakan posisi cs di terangkan ttp ada training ke lapangan selama 6 hari gilaak pengalaman kerjaku di mana2 di kadalij menyesal pokoknya fuck banget! !!! !

      Hapus
    3. Jualan apa mb n PT nya dmn klo boleh tw terimaksih

      Hapus
  9. thats right., masak baru melamar uda diajak jalan2 keliling laut.. hahaha tapi kasian 1 anak tadi fresh graduate unesa bio.. masih mau bertahan padahal dari jombang tu cewek.. gila gan.. parah banget..

    BalasHapus
  10. Wkwk sama gan ane kemaren juga coba2 ngelamar di situ , ngelamarnya sih jadi accounting lah kok malah diajak muter2 gk jelas jadi sales door to door yg paling ane gk suka mereka mengatas namakan dari kelurahan dan ingin memberi subsidi gratis yg ujung2nya disuruh bayar . Merasa gk jelas langsung ane tinggal pulang tuh orangnya (pendamping) yg traning ane , pas dia lagi be'ol dimushollah . Wkwk

    BalasHapus
  11. Baru kejadian kemaren nih cwe gue dimacho semarang dijalan gajah, katanya tiap pagi nyanyi nyanyi gk jelas ruangan gada komputernya, diajak muter" keperumahan kumun kasian lg orangnya disuruh beli alat ksehatan 300rban. hahaha gak jelas emang itu perusahaan, langsung keluar cwe ane slesai observasi alias sales. Haha

    BalasHapus